​Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Melalui Gerakan Ini

​Pemkot Kediri Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Melalui Gerakan Ini Sejumlah ibu bersama balitanya saat mengikuti acara pemberian makanan tambahan berbahan ikan untuk 1.000 balita di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Senin (11/10). Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makanan yang berbahan dasar ikan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan). Gerakan tersebut digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan karena hewan tersebut memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap, dan baik untuk dikonsumsi berbagai kelompok usia. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, Mohamad Ridwan, mengatakan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat di wilayahnya tercatat masih rendah. Padahal, wilayah perairan Indonesia kaya akan sumber daya kelautan dan perikanan serta merupakan salah satu pemasok komoditas perikanan dunia.

"Kota Kediri pada tahun 2020, tingkat konsumsi ikan hanya sebesar 29 kilogram/kapita/tahun. Jadi catatan itu bisa dibilang masih rendah. Untuk itu, pemerintah mengajak masyarakat untuk membiasakan diri mengonsumsi ikan melalui program Gemarikan ini," ujarnya di acara Pemberian Makanan Tambahan Berbahan Ikan Untuk 1.000 Balita di Kelurahan Semampir, Senin (11/10).

Menurut dia, ikan adalah bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh. Di samping itu, harga ikan yang cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Simak berita selengkapnya ...