Peringati HPS, Pemkab Lamongan Kenalkan Sorgum Sebagai Komoditas Pangan Lokal Potensial

Peringati HPS, Pemkab Lamongan Kenalkan Sorgum Sebagai Komoditas Pangan Lokal Potensial Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (tengah), didampingi wakilnya, Abdul Rouf, dan Kepala Dinas TPHP Lamongan, Sukriyah, saat menunjukkan produk olahan Sorgum.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diperingati setiap 16 Oktober, RI melakukan panen serentak secara virtual di seluruh Indonesia, Senin (25/10). Bupati , Yuhronur Efendi, memperkenalkan produk pangan potensial dari wilayahnya, yakni .

merupakan salah satu komoditas pangan sangat potensial guna mendukung diversifikasi pangan. Kabupaten mempunyai potensi tanam sorgum seluas 300 hektare. Pascapanen sudah kami laksanakan, ada beras, popcorn, dan beberapa pengolahan lain, ada kecap juga, ini berarti tanaman sorgum ini cukup memberikan nilai tambah bagi petani,” ujarnya.

Yuhronur mengungkapkan apa yang menjadi keinginan dan kendala terkait tanaman sorgum di Kabupaten saat berdiskusi secara virtual dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Menurut Bupati , sorgum merupakan komoditi pangan dengan beragam manfaat.

“Kami ingin ada industri yang bergerak dengan basis sorgum, karena sorgum ini termasuk salah satu komoditi pangan yang sangat bermanfaat, mempunyai kadar kalori yang rendah. Mudah-mudahan nanti ada bantuan sarana prasarana yang dapat digunakan petani sorgum ini untuk industry olahan yang lebih lengkap,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...