Atasi Masalah Distribusi Air, Lira Minta PDAM Kota Malang dan Perumda Tirta Kanjuruhan Koordinasi

Atasi Masalah Distribusi Air, Lira Minta PDAM Kota Malang dan Perumda Tirta Kanjuruhan Koordinasi Kantor PDAM Kota Malang.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com – Keluhan terkait distribusi air yang sering macet, juga disampaikan sejumlah warga Kota Malang. Menyikapi kekurangan pasokan air bersih bagi warga ini, Ketua DPD Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Malang Raya H. M. Zuhdy Achmadi meminta koordinasi dengan Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Sebab, dari hasil temuan Lira, bahwa sumber air dari Sumber Pitu di wilayah Kabupaten Malang ternyata juga dibagi dengan . sendiri telah membangun rumah produksi air di Dusun Kunci Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Namun karena produksi airnya terlalu besar, sehingga pipanya sering pecah. Padahal, telah menggunakan pipa dengan ukuran 12 dim.

Nah, karena tekanannya terlalu tinggi, Zuhdy menduga mengecilkan valve atau katupnya. Secara otomatis, hal ini berdampak mengecilnya pasokan air ke wilayah Kota Malang.

“Dengan demikian, air yang seharusnya mengalir ke Kota Malang tersebut kembali mengalir ke Kabupaten Malang, sehingga wilayah Kabupaten Malang pun berulang kali mengalami pecah pipa. Kalau saja pengecilan valve atau katup tersebut benar, ini saya katakan secara tidak langsung turut andil salah,” tegasnya, Rabu (3/11/2021)

“Oleh karenanya saya sebagai representasi dari warga masyarakat, baik Kota maupun Kabupaten Malang meminta, kepada maupun Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang untuk bersinergi dalam penanganan masalah air bersih ini, agar tidak ada lagi keluhan dari warga masyarakat,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...