YJI Malang Raya dan RSSA Malang Bantu Penderita Penyakit Jantung Bawaan

YJI Malang Raya dan RSSA Malang Bantu Penderita Penyakit Jantung Bawaan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, saat mengunjungi Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Dr Saiful Anwar Malang.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com (YJI) Malang Raya bekerja sama dengan (RSAA) Malang telah berhasil menangani operasi Rico Yoga Asmara (16). Ia adalah seorang warga dari Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, yang menderita penyakit jantung bawaan.

“Dengan bekerja sama dengan RSSA Malang, kami sangat bersyukur bisa mengoperasi pasien penyakit jantung bawaan yang membutuhkan. Secara ekonomi dan psikologis, pasien dapat beradaptasi lebih cepat. Semoga kedepan RSSA bisa menangani pasien jantung bawaan yang membutuhkan,” kata , Dewanti Rumpoko, yang juga merupakan Ketua YJI Cabang Malang Raya, Jumat (19/11).

Ia menuturkan, YJI menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk membantu pasien penyakit jantung, yakni melakukan kegiatan promotif dengan penyuluhan, kegiatan preventif dengan mencegah melalui klub jantung sehat, dan klub jantung remaja. 

Selain itu, kata Dewanti, untuk membantu penderita jantung bawaan kurang mampu, YJI melakukan kegiatan kuratif berupa operasi jantung yang biasanya dilakukan di Jakarta. Menurut dia, YJI dapat melakukan kegiatan kuratif dengan lebih mudah dengan bekerja sama dengan RSSA Malang. 

Kemudian, lanjut Dewanti, YJI juga melakukan Kegiatan rehabilitasi untuk memantau pasien sesudah melaksanakan operasi jantung hingga sehat. Ia mengungkapkan hal tersebut saat mengunjungi Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu (IPJT) RSAA Malang.

Rico Yoga Asmara menderita ASD (), yaitu penyakit jantung bawaan akibat lubang di dinding jantung. Rico tumbuh normal namun mudah capek dan tidak memiliki stamina layaknya anak-anak pada umumnya. 

Ia terdiagnosa penyakit jantung bawaan pertama kali ketika berobat ke RS Baptis Batu, untuk keluhan mimisan yang tidak kunjung berhenti. Rico divonis jantung bocor dan harus dioperasi ke Jakarta.

Menanggapi hal itu dan karena biaya yang tinggi, YJI membantu Rico untuk melakukan operasi jantung terbuka di Jakarta. Namun, karena infeksi tenggorokan, operasi di Jakarta ditunda dan dengan kerja sama antara YJI dan RSSA, prosedur operasi yang rumit akhirnya bisa dilaksanakan dengan cepat dan sukses. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO