Tingkatan Kesehatan, PKK Tuban Digenjot Pelatihan Posyandu

Tingkatan Kesehatan, PKK Tuban Digenjot Pelatihan Posyandu Suasana para ibu tim penggerak PKK ketika menerima menerima materi dari dinas kesehatan kabupaten Tuban terkait seputar kesehatan. (Suwandi/BangsaOnline.com)

TUBAN (BangsaOnline) - Tim penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Tuban menerima pelatihan pos pelayanan terpadu (posyandu) di Gedung Korpri Kompleks Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (25/3).

Pelatihan tersebut terus digenjot untuk ibu PKK guna peningkatan dan pengembangan SDM seputar dunia kesehatan. Sehingga, pasca pelatihan, para peserta ketika dilapangan bisa mengatasi kompleks permasalahan kesehatan selama melakukan tugas posyandu.

Ketua PKK Kabupaten Tuban, Hj Qodriyah Fathul Huda menyatakan, dengan pelatihan ini tim penggerak PKK diharapkan mampu meningkatkan kesehatan yang ada ditingkat desa maupun kelurahan. Kesehatan memiliki arti penting dan strategis dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, berangkat dari pelatihan ini anggota bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarkat yang masih minim tentang kesehatan.

“Dari hasil pelatihan ini, peserta bisa mengimplementasikan dengan bukti peninkatan pendidikan serta kesehatan, sehingga penduduk yang notabennya minim tentang kesehatan akhirnya tahu dan mengalami peningkatan taraf hidupnya,” ujarnya.

Lanjut Hj Qodriyah menyampaikan, meminta kepada jajaran TP-PKK desa atau kelurahan selalu melaksanakan tugas pengabdiannya dengan niat yang tulus ihklas. Bahkan, harus didasari dengan sikap gerakan sosial kemasyarakatan yang peduli terhadap permasalahan warga setempat.

“Kader PKK di mana pun berada merupakan motor penggerak terselenggaranya kegiatan posyandu. Di posyandu inilah peran PKK dapat memantapkan perkembangan anak-anak balita serta kegiatan imunisasi guna mencegah terjangkitnya penyakit menular, seperti diare dan kurang gizi, serta mencegah angka kematian ibu dan balita,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pokja IV yang membidangi masalah , Eni Mudiyono membeberkan, PKK akan berupaya konsisten dalam mendukung program kesehatan yang berbasis pemberdayaan perempuan dan masyarakat seperti posyandu. Rencananya pelatihan ini bakal dilaksanakan secara rutin dengan menghadirkan Istri Kepala Desa dan Kader . Kemudian untuk pelatihannya dilaksanakan selama dua hari, selain melibatkan istri kepala desa juga menghadirkan kader posyandunya yang ada disetiap kecamatan.

“Pada hari pertama ini diikuti oleh 180 Peserta dari 11 Kecamatan dan pada hari berikutnya akan diikuti oleh 160 peserta dari 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Sedangkan nara sumbernya didatangkan dari dinas kesehatan Tuban guna menerangkan tentang posyandu dan rumah sehat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO