Perbaiki Pipa Air untuk Pura Luhur Giri Arjuno, Umat Hindu Temukan Penyebab Banjir Bandang Kota Batu

Perbaiki Pipa Air untuk Pura Luhur Giri Arjuno, Umat Hindu Temukan Penyebab Banjir Bandang Kota Batu Salah satu Umat Hindu saat hendak memperbaiki pipa air untuk Pura Luhur Giri Arjuno.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 15 Umat Hindu dari Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, bergotong royong memperbaiki saluran pipa air yang mengalir ke Pura Luhur Giri Arjuno, Selasa (30/11). Pipa-pipa tersebut sempat terseret banjir bandang yang melanda 6 wilayah di Kecamatan Bumiaji, beberapa waktu lalu.

Mereka terkejut melihat kondisi medan yang sempat dilalui banjir bandang yang meluluhlantakkan wilayah tersebut saat memperbaiki pipa air. Salah satu Umat Hindu yang ada di lokasi, Anis Yulianto, mengatakan bahwa penyebab bencana itu bermula dari aliran air yang sangat deras dari Gunung Arjuno.

"Kami perkirakan saat peristiwa banjir bandang terjadi, kondisi dari Gunung Arjuno telah terjadi aliran air yang sangat deras dan besar. Jarak tempuh dari Pura Luhur Giri Arjuno ke sumber mata air yang kami perbaiki naik ke arah timur, menuju puncak Gunung Arjuno kurang lebih sejauh 4 kilometer," ujarnya.

"Bekas longsoran ada yang tidak sempat terpantau saat Wali Kota Batu bersama BNPB dan Forkompimda sewaktu melakukan survei dengan naik helikopter karena di Gunung Arjuno masih tertutup oleh longsoran tebing," tuturnya menambahkan.

Simak berita selengkapnya ...