Fraksi PKB se-Jatim Prioritaskan Bantuan Perbaikan Tempat Ibadah dan Sekolah

Fraksi PKB se-Jatim Prioritaskan Bantuan Perbaikan Tempat Ibadah dan Sekolah Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah turun langsung mengangkat bantuan untuk korban erupsi Semeru. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Empati yang mendalam ditunjukkan oleh rakyat Indonesia kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Sejumlah elemen masyarakat mengirimkan bantuan logistik dan sukarelawan ke lokasi terdampak erupsi.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) se Jawa Timur pun tak ketinggalan. Para wakil rakyat dari PKB ini turun langsung ke lokasi bencana dengan membawa sejumlah bantuan.

"Kami melaksanakan instruksi Ketum DPP PKB Gus Muhaimin untuk saling bahu membahu menolong sesama. Bahkan sejak pertama mendengar erupsi gunung Semeru, anggota F-PKB se Jatim yang sedang melaksanakan bimtek spontan menggalang donasi," terang Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah, Selasa (7/12/2021).

Sekretaris DPW itu mengungkapkan, pihaknya memprioritaskan bantuan recovery tempat ibadah dan sekolah. Menurutnya, aktivitas ibadah dan belajar mengajar tak boleh terganggu dalam kondisi apa pun.

Alumni Unesa Surabaya itu mengatakan, dalam kondisi diterpa bencana alam justru masyarakat ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Karena itu, sarana ibadah dan sekolah yang rusak harus segera dibangun kembali.

"Mungkin saat ini masih serba darurat, termasuk tempat ibadah dan sekolah. Tapi perbaikan sarana tersebut menjadi perhatian khusus kami," ujar perempuan berkerudung ini.

Anik menjelaskan, sejauh ini sejumlah bantuan dari Fraksi PKB se Jatim telah dikirim ke lokasi bencana melalui Posko Kemanusiaan yang dikelola DPC . Selanjutnya, bantuan itu disalurkan pada titik kumpul pengungsi di Ponpes Ulul Albab Candipuro, Lumajang.

Alumnus pascasarjana Unair itu melanjutkan, bantuan yang sudah disalurkan di antaranya pakaian baru anak-anak dan dewasa sebanyak 12 karung. Ada juga mukena, sarung, sajadah, pampers, susu formula, obat-obatan, selimut, pembalut wanita, mie instan dan makanan ringan untuk anak-anak.

"Kami juga melakukan trauma healing dan mendatangkan badut untuk pemulihan psikis pada anak-anak dari rasa cemas, takut dan trauma pasca bencana. Semoga Allah selalu memberikan pertolongan, ma'unah dan pemulihan ke kondisi normal," pungkas Anik. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Lokasi Pengungsian Semeru Malah Jadi Tempat Syuting Sinetron':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO