Gus Muhdlor Tersangka KPK, Anik Maslachah Menguat di Bursa Bupati Sidoarjo

Gus Muhdlor Tersangka KPK, Anik Maslachah Menguat di Bursa Bupati Sidoarjo Hj. Anik Maslachah, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Langkah Komisi Pemberantasan Korupsi () menetapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muchdlor Ali sebagai tersangka diprediksi mengubah konstelasi politik jelang 2024.

Dengan status hukum yang disandangnya, pria yang akrab disapa Gus Muhdlor tersebut dipastikan gagal maju sebagai pada November 2024.

Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt, menyebut peta politik di Sidoarjo bakal berubah pasca penetapan tersangka Gus Muchdlor oleh .

Ia melihat Wakil Ketua DPRD Jatim, , menguat sebagai mendatang.

"Kalau Gus Muhdlor terhalang maju sebagai , maka kans menguat. Dengan catatan ia direkom oleh DPP PKB," kata Baihaki, Selasa (16/4/2024).

Baihaki menjelaskan sosok yang merupakan kader NU sangat mengakar di Sidoarjo. Ia adalah warga asli Sidoarjo dan berproses dari Sidoarjo. Karena itu, Anik sangat populer di Kota Delta tersebut.

Selain populer, kata Baihaki, Anik juga punya modal sosial yang cukup untuk maju . Pada pemilu legislatif 2024, Anik meraih 118.020 suara. Sementara suara pasangan Muhdlor - Subandi pada 2020 sebanyak 387.776 suara.

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO