7 Cara Menguatkan Sinyal Wifi yang Jauh

7 Cara Menguatkan Sinyal Wifi yang Jauh Foto: Pixabay/Martinelle

BANGSAONLINE.com - Zaman sekarang, pemanfaatan perangkat digital sudah menjangkau hampir seluruh sendi kehidupan manusia. Tak heran, jika keberadaan internet menjelma menjadi kebutuhan penting yang tak bisa lepas dari aktivitas masyarakat. Salah satu yang marak digunakan adalah Wireless Fidelity atau yang akrab disebut Wifi.

Sayangnya, penggunaan Wifi juga bisa mengalami sedikit hambatan. Meskipun terlihat kecil, namun sangat menjengkelkan bukan? Pasalnya kendala seringkali tidak mengenal situasi dan kondisi yang mana bisa melemah tiba-tiba ketika sangat dibutuhkan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sinyal Wifi yang tidak stabil atau tidak kuat terutama jika jaraknya cukup jauh.

1. Posisikan Router dengan Tepat

Kadang kala tata letak router juga mempengaruhi kualitas sinyal Wifi. Pasalnya, router memiliki kemampuan sebaran sinyal yang terbatas. Misalnya, jika terhalangi oleh tembok, maka anda tidak akan anda mendapat sinyal yang kuat. Anda sebaiknya mencari tempat terbaik untuk menangkap sinyal secara maksimal, meskipun berada pada jarak yang cukup jauh dari pemancar wifi.

Sedikit bocoran, jangan letakan router di dekat jendela karena nantinya sinyal bisa menyebar keluar. Anda bisa menempatkannya di dalam rumah, khususnya di area tengah. Selain itu, posisikan di lokasi yang tinggi agar sinyal memancar lebih luas dan merata. Hindari pula penempatan di sekitar perangkat elektronik karena bisa terjadi benturan sinyal dengan alat elektronik tersebut. 

2. Ganti Gelombang Penerima ke Frekuensi 5 GHz

Umumnya, pemancar jaringan Wifi di Indonesia memakai frekuensi 2.4 GHz. Anda bisa menggantinya menjadi 5 GHz yang terbukti ampuh untuk memperkuat sinyal. Koneksi sinyal akan lebih kencang yang bisa mencapai 1 Gbps dan lebih minim gangguan. Anda bisa mengonversi settingan HP android melalui langkah: Pengaturan> Wifi> Advance> Frekuency Band> Pilih Otomatis dan alihkan ke 5,0 GHz.

Tips menguntungkan ini secara spesifik direkomendasikan jika anda berada kurang dari 125 meter dari pemancar sinyal. Pasalnya, itulah batas maksimal dari frekuensi 5 GHz. Meskipun lebih unggul dari segi kualitas dan stabilitas sinyal, namun mayoritas pemakai Wifi memilih setia dengan 2.4 GHz. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Ubah Channel Wifi

Wifi mentransmisikan sinyal melalui dua gelombang radio yaitu frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Anda harus memilih channel yang berbeda dengan channel lain yang berada di sekitar pemancar agar terhindar dari tumpang tindih jaringan. Sederhananya, jika anda berbicara bersamaan dengan banyak orang dalam satu ruangan, maka suara tidak terdengar jelas.

Anda bisa mengubah pengaturan melalui konfigurasi modem dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Jangan pilih yang sudah penuh, minimal ganti dengan yang lebih sepi. Biasanya terdapat 14 opsi channel. Sebaiknya, anda berlabuh pada channel 1, 6, atau 11 jika menggunakan frekuensi 2.4 GHz.

Simak berita selengkapnya ...