Lagi, ITS Juarai Kompetisi Robot di Belanda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lagi, ITS Juarai Kompetisi Robot di Belanda

Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Sulthon Neagara
Kamis, 01 Agustus 2024 01:11 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Robot Ichiro yang merupakan perwakilan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember () kembali menyabet gelar juara di ranah internasional.

Melalui Tim Robot Humanoid Sepak Bola kebanggaan ini berhasil mendapatkan juara 1 Technical Challenge di ajang yang dihelat langsung di Eindhoven, Belanda, yang berakhir 21 Juli lalu.

Muhtadin, Dosen Pembimbing Tim Ichiro menjelaskan, merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diselenggarakan oleh federasi ahli robotika dunia, RoboCup Federation.

"Kompetisi ini mempertemukan 300 tim robot terbaik dari 40 negara di seluruh dunia. Dari 18 kategori yang dipertandingkan tahun ini, Ichiro berlaga pada kelas Humanoid-Kid Size yang memperebutkan gelar juara Robot Soccer dan Technical Challenge," papar Muhtadin.

Di kategori ini, robot ditantang untuk menyelesaikan lima tantangan yang berbeda. Tantangan tersebut meliputi parkour, obstacle avoidance (menghindari rintangan tanpa menyentuh), high-kick yang menantang robot untuk mencetak gol dengan menendang tinggi, collaborative localization, dan tantangan mencetak gol dari bola yang bergerak dari pojok lapangan.

"Semua tantangannya dilakukan secara otonom," ungkap dosen Departemen Teknik Komputer tersebut.

Menurut Muhtadin, dalam perlombaan ini Tim Ichiro sempat menghadapi permasalahan.

"Beberapa robot sempat mengalami masalah elektrik diakibatkan oleh short circuit ketika robot sedang di-maintenance. Namun, permasalahan tersebut dapat diperbaiki oleh tim dan akhirnya mengantarkan Ichiro menjuarai kategori technical challenge dengan mengalahkan 17 tim dari 13 negara," ujar Muhtadin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video