Begini Cara Pemkot Kediri Stabilisasi Harga dan Tekan Laju Inflasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Begini Cara Pemkot Kediri Stabilisasi Harga dan Tekan Laju Inflasi

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 14 Agustus 2024 16:39 WIB

Warga saat antre untuk membeli sembako murah. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya stabilisasi harga dan menekan laju inflasi, Pemkot Kediri melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) bekerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar Murni (OPM). 

Kegiatan dijadwalkan akan berlangsung selama 2 hari, yakni Rabu (14/8/2024) dan Kamis (15/8/2024) dengan menyasar 6 titik kelurahan. Untuk hari ini, operasi pasar murni berlangsung di Kelurahan Semampir, Kelurahan Dermo dan Kelurahan Tempurejo. 

Lalu, besok akan berlangsung di Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Ngronggo dan Kelurahan Pakunden. Dimulai pukul 08.30 WIB, operasi pasar murni cukup diminati masyarakat. 

Seperti yang terpantau di Kelurahan Semampir, masyarakat sudah berdatangan ke lokasi sejak pagi dan tertib menunggu antrian. Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani, menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau di tengah harga bahan pokok yang saat ini relatif naik.

“Operasi pasar murni ini tujuannya untuk menjamin stabilisasi harga dan menekan angka inflasi di Kota Kediri. Maka dari itu kita sediakan dua komoditas kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, terselenggaranya kegiatan ini dilatar belakangi dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Perdagangan kepada Pemerintah Kota Kediri awal bulan Juli lalu. Evaluasi tersebut menyatakan data di Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan untuk Kota Kediri terutama pada komoditas Minyak Kita terjadi kenaikan harga di atas 15%.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video