DPP PAN Beri Tugas Syahrul Munir Maju Pilkada Gresik 2024

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPP PAN akhirnya memberikan penugasan kepada M. Syahrul Munir sebagai bakal Calon Bupati (Bacabup) Gresik pada Pilkada 2024.

"Penugasan DPP PAN kepada Mas Syahrul itu diserahkan Ketua Tim Desk Pilkada 2024 DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, di DPP pada minggu lalu," ungkap Ketua DPD PAN Gresik, Faqih Usman, kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (2/7/2024).

Dalam penugasan tersebut, kata Faqih, DPP meminta Syahrul untuk turun ke masyarakat, menggalang dukungan, dan mencari sosok bakal calon wakil bupati (bacawabup).

"DPP minta Mas Syahrul mencari bacawabup sebagai pendamping karena DPP mengeluarkan SK rekomendasi itu sudah berpasangan (bacabup-bacawabup) untuk mendaftar ke KPU pada 27 Agustus," urai Ketua Fraksi Amanat Pembangunan (FAP) DPRD Gresik ini.

Disebutkan, dalam penugasan itu Syahrul juga ditugaskan untuk mencari partai koalisi lantaran DPD PAN Gresik pada pemilu 2024 hanya mendapatkan 3 kursi atau 6 persen. Mengacu Undang-Undang Pilkada, syarat bagi partai politik atau gabungan parpol untuk mengusung paslon harus memiliki 10 kursi atau 20 persen di DPRD.

"PAN Gresik masih kurang 7 kursi," kata Faqih.

"Makanya, salah satu penugasan DPP kepada Syahrul untuk mencari pendamping (bacawabup) untuk disodorkan ke DPP. Nantinya, DPP yang memutuskan," tambah Faqih.

Diketahui, sebelumnya Syahrul telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB yang memiliki 14 kursi DPRD, DPP NasDem yang memiliki 2 kursi DPRD, serta DPP Demokrat yang memiliki 3 kursi DPRD Gresik. (hud/mar)