Permudah Masyarakat dalam Pelaporan Kebakaran, Damkar Kota Batu Buat Aplikasi SIP Akurat

Permudah Masyarakat dalam Pelaporan Kebakaran, Damkar Kota Batu Buat Aplikasi SIP Akurat Petugas Damkar Kota Batu saat melakukan pembersihan lumpur di lokasi. Foto: Dok. BPBD Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemadam dan Penyelamatan (Damkar) menyiapkan aplikasi Sistem Informasi pelaporan Akurat Pemadaman dan Penyelamatan () dalam upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan Pemadam dan Penyelamatan , Santoso Wardoyo mengatakan, adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam pelaporan kejadian baik kebakaran maupun non kebakaran.

"Dengan adanya aplikasi tersebut, agar laporan kejadian tertata dengan baik dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengaduan kebakaran dan penyelamatan. Sehingga penanganan lebih efektif dan efisien," kata Santoso, Senin (10/6/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain memudahkan masyarakat, aplikasi itu, juga mempermudah Damkar , dalam melakukan pelaporan kejadian.

Selain itu, Aplikasi dibutuhkan para personel damkar dalam membuat menangani permasalahan, pembuatan laporan dan dokumentasi, agar bisa melengkapi pemenuhan data. Hal itu, dikarenakan personel Damkar terbatas, namun harus tetap memberikan laporan.

Dengan adanya Aplikasi yang berbasis Android ini, diharapkan masyarakat bisa lebih cepat melaporkan kejadian berbagai kejadian, baik peristiwa kebakaran maupun non kebakaran, yang selama ini dilakukan melalui layanan nomor telepon dan pesan singkat 24 jam.

"Aplikasi ini berguna untuk menunjang atau membantu mempermudah dua pihak, yakni masyarakat dalam proses pelaporan dan pihak petugas agar lebih cepat membuat laporan tindakan serta merekap kejadian yang sudah diatasi," katanya.

Ia mengatakan, inovasi ini juga memberikan manfaat lain, yaitu pengelompokan laporan yang tertata dengan baik, serta tersedianya aplikasi pelaporan yang lebih efektif, efisien dan teridentifikasi. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO