Peduli Hutan Wilis dan ODGJ, Sejumlah Relawan Kumpul di Kalipang

Peduli Hutan Wilis dan ODGJ, Sejumlah Relawan Kumpul di Kalipang Koordinator ARPL Kediri, Ari Purnomo Adi (kiri), dan Kamid (nomor 4 dari kiri) saat diskusi terkait rusaknya hutan Wilis dan ODGJ. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejumlah relawan peduli lingkungan dan sosial dari Kabupaten Kediri dan Nganjuk berkumpul di Rumah Kamid, Kasun Jajar, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Minggu (23/6/2024).

Mereka berkumpul untuk membahas masalah hutan Wilis yang rusak dan sudah beralih fungsi. Akibatnya warga yang hidup di lereng Wilis, kesulitan air bersih. Selain masalah hutan Wilis, para relawan juga membahas masalah penanganan ODGJ di Kabupaten Kediri.

Kamid menjelaskan, berdasarkan hasil mitigasi dari kelompoknya, hutan Wilis saat ini sudah rusak. Rusaknya hutan tersebut otomatis akan membuat sumber air mati.

"Rusaknya hutan diperparah dengan alih fungsi hutan, dimana pohon hutan yang bisa melindungi sumber air dibabat untuk diganti dengan tanaman produktif," ujarnya, Minggu (23/6/2024).

Ia menilai, sumber air sebenarnya masih ada, tapi tidak bisa lagi digunakan warga, karena habis digunakan petani untuk mengairi tanaman produktif yang ditanam.

"Area sumber air yang seharusnya dilestarikan dengan ditanami pohon pelindung sumber air, nyatakan saat ini justru ditanami tanaman produktif, seperti cengkeh, alpukat, durian," katanya.

Masih menurut Kamid, pihaknya mengumpulkan para relawan ini, untuk mencari solusi bagaimana sumber air tetap bisa dinikmati oleh warga. Selain masalah hutan Wilis yang rusak, saat ini ada keluhan terkait penanganan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang dinilai masih belum ditangani secara maksimal oleh Pemkab Kediri.

"Saat ini bila ada ODGJ terjaring razia Satpol PP, pihak terkait hanya memberikan obat dan dibawa ke RSJ di Lawang. Ada usulan untuk dibangunkan rumah singgah bagi ODGJ yang terjaring razia yang tujuannya untuk merawat dan mengobati ODGJ tersebut," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO