Wujudkan Statistik Sektoral Berkualitas, Pemkot Kediri Gandeng BPS

Wujudkan Statistik Sektoral Berkualitas, Pemkot Kediri Gandeng BPS Penilaian interview EPSS secara virtual di Ruang Command Center Balai Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri bersama setempat secara rutin melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) setiap tahunnya dalam rangka mewujudkan statistik sektoral yang berkualitas.

EPSS dilakukan pada OPD dalam lingkup pemerintahan di Kota Tahu. Sebagai salah satu tahapan dalam mewujudkannya, Pemkot Kediri mengikuti penilaian interview EPSS secara virtual pada hari ini, Senin (24/6/2024).

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana, mengatakan bahwa dalam mewujudkan statistik sektoral yang berkualitas, pihaknya bersama telah melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi EPSS ke OPD, pembentukan Tim Penilai Internal (TPI) EPSS, hingga memilih 2 OPD sampel untuk mengikuti penilaian EPSS.

“Bersama Kota Kediri, kita kawal seluruh OPD agar mau dan bisa mengikuti EPSS. Hingga kita tentukan 2 OPD yaitu Bappeda dan Disperdagin yang bisa mewakili Pemkot Kediri dalam penilaian interview pada hari ini,” ujarnya.

Sebelum mengikuti penilaian interview EPSS, Apip menyebut Pemkot Kediri terlebih dahulu harus melewati beberapa tahapan, yaitu tahap Penilaian Mandiri dan Penilaian Dokumen.

“Penilaian mandiri ini dilakukan untuk mencukupi 38 indikator dan 5 domain EPSS, pengumpulan bukti dukung dari ke 2 OPD, verifikasi bukti dukung oleh TPI, pengisian penilaian di aplikasi SIMBATIK oleh operator, verifikasi data pengisian oleh supervisor dan submit hasil penialain mandiri,” paparnya.

Menurut dia, penilaian interview tersebut juga bagian dari proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri. Dimana penilaian interview dilakukan oleh dengan sistem penilaian silang antar Kota/ Kabupaten.

“Pada penilaian EPSS tahun ini, Pemkot Kediri dinilai oleh Kabupaten Sidoarjo,” tuturnya.

Dijelaskan olehnya, EPSS bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan penyelanggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada Instansi Pusat serta Pemerintah Daerah.

Apip berharap, dengan adanya sinergi yang dilakukan bersama antar lintas OPD dapat mendukung capaian kemajuan statistik sektoral OPD di Kota Kediri. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO