Kejari Sidoarjo Bidik Ruislag TKD Buduran, Tanah Pengganti tak Jelas

Kejari Sidoarjo Bidik Ruislag TKD Buduran, Tanah Pengganti tak Jelas

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kasus tukar guling atau rusilag Tanah Kas Desa (TKD) untuk pembangunan perumahan di Desa Buduran Kecamatan Budurandi dibidik Kejakaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Sebab, dalam TKD seluas 5.000 meter tersebut diduga ada berkas yang hilang dalam proses rusilag sejak Tahun 2005 silam itu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sidoarjo, H M Sunarto SH mengatakan bahwa TKD buduran sudah dilakukan gelar perkara pada akhir pekan kemarin.

"Dari awal sudah cukup bukti, sehingga kami lakukan percepatan penyelidikan. Kerugian negara sudah jelas," terangnya kepada BANGSAONLINE, Senin (15/2).

Sunarto menjelaskan, proses tukar guling itu pada tahun 2005 silam. Pihak desa melaksanakan tukar guling untuk pembangunan perumahan dengan pengembang PT Eka Permata itu. Namun, hingga kini ada 3 bidang TKD seluas hampir 5.000 meter persegi yang hilang.

"Buktinya, TKD pengganti hingga kini belum menjadi hak milik desa itu," jlentreh mantan Kajari Jombang itu.

Jika proses tukar guling TKD itu benar, sambung Sunarto, tidak mungkin ruislag selama 11 tahun tetapi tanah pengganti tak bisa diatasnamakan desa itu. Apalagi, sebanyak 3 sertipikat tanah sudah dibagunkan atas nama orang lain, yakni Darmi yang masih daftar pencarian orang (DPO) ke pihak bank. Lantaran tak mampu membayar agunan selama waktu yang ditentukan bank, tanah itu akhirnya dilelang bank dan sudah dimiliki oleh orang lain.

Selain itu, pihaknya juga akan menyelidiki 6 sertipikat mengantongi SK Gubernur yang beralih ke desa. Sebab, tukar guling itu belum jelas sudah sesuai aturan atau belum.

Menurut Kajari Sunarto, berdasarkan hasil dari Pulbaket (Pengumpulan Bahan Keterangan), tukar guling desa itu ada indikasi kekurangan luas volume tanah. Pihaknya mengaku akan melakukan penyelidikan siapa saja yang paling bertanggungjawab atas masalah tukar guling yang diduga bermasalah itu. "Sesegera mungkin akan kami ungkap perkara ini," pungkasnya. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO