SIG Fasilitasi 361 Petani Sanggem Garap Lahan Seluas 119,25 Hektare di Rembang

SIG Fasilitasi 361 Petani Sanggem Garap Lahan Seluas 119,25 Hektare di Rembang Petani sanggem melakukan panen tanaman jagung di lahan Semen Gresik. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT yang merupakan unit usaha dari (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen mendukung pengembangan lingkungan dan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama sekitar operasional perusahaan.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan melakukan pemberdayaan kepada 361 petani sanggem di enam desa sekitar operasional Pabrik Rembang melalui program Sahabat Petani () yang dimulai sejak November 2021.

Dalam program ini, memberikan fasilitas lahan seluas 119,25 hektare untuk dikelola petani.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menjelaskan program membuktikan bahwa kehadiran memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar Pabrik Rembang.

"Perusahaan juga melakukan pendampingan, memberi ilmu bagi petani untuk beralih ke pertanian modern agar hasil pertaniannya lebih maksimal," katanya.

Vita Mahreyni menambahkan, selain lahan garapan bagi petani, juga memiliki fasilitas Edupark seluas 1,6 hektare yang bisa dimanfaatkan para petani untuk belajar.

"Edupark ini berkonsep pertanian dan peternakan terpadu. Di lokasi ini terdapat aneka hewan ternak, ikan, hingga ragam sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada, kacang panjang, terong, hingga sereh yang telah dimanfaatkan baik dikonsumsi sendiri maupun dijual," paparnya.

Program ini disambut baik oleh salah satu petani dari , Sigit Sri Wahyudi. Ia merasa sangat terbantu, karena mendapat kesempatan bercocok tanam sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO