Berkontribusi bagi Lingkungan Sekitar, PT Cargill Gresik Raih Giri Panca Suar Award

  Berkontribusi bagi Lingkungan Sekitar, PT Cargill Gresik Raih Giri Panca Suar Award Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik menerima penghargaan Giri Panca Suar Award dari Wabup Gresik. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Perusahaan pangan PT Cargill Indonesia - Cocoa and Chocolate Gresik mendapat penghargaan Giri Panca Suar Award dari PWI Kabupaten Gresik. Penghargaan itu diberikan Wakil Bupati Gresik, Hj Aminatun Habibah kepada Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Kamis (24/3/2022), malam.

Penghargaan tersebut diberikan karena perusahaan asal Amerika Serikat ini dinilai memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar melalui kegiatan corporate social responsibility. 

Di antaranya membantu pengeboran sumur air bersih untuk 200 sambungan rumah masyarakat Kecamatan Manyar, konservasi 6 hektar mangrove di sepanjang Kali Mireng, Manyar, penyediaan 208 fasilitas akses air minum layak dan 81 fasilitas jamban sehat untuk masyarakat berpenghasilan rendah di 4 Keluarahan Kecamatan Gresik, membantu penyediaan bank sampah hingga pembangunan saran pendidikan dan keagamaan.

Deni Ali Setiyono, Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Kabupaten Gresik mengungkapkan, penilaian dititikberatkan kepada kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar. Selama ini PT Cargill Indonesia - Cocoa and Chocolte Gresik mampu memberikan kontribusi tidak sedikit bagi masyarakat sekitar perusahaan di Kecamatan Manyar dan Kabupaten Gresik.

"Terutama dalam pelestarian dan penyediaan sarana air bersih, sanitasi, pendididikan serta keagamaan. Kepedulian ini bisa menjadi teladan bagi perusahaan lainnya untuk bergerak bersama membantu pelestarian lingkungan dan sarana kebersihan di sekitar pabrik masing-masing.

Sementara itu, Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Gresik yang telah memberikan penghargaan Giri Panca Suar Award tahun ini. Menurut dia, kegiatan yang dilakukan Cargill di sekitar perusahaan sebagai bentuk menyukseskan SDG’S oleh pemerintah sampai tingkat desa. Salah satunya, pengeboran sumur air bersih hingga 130 meter. 

“Sumur bor dan tandon air nantinya akan dialirkan ke 200 sambungan rumah,” jelas Adi.

Dengan sumur air bersih ini bisa membantu kebutuhan air bersih bagi 700 jiwa di Desa Manyar Sidorukun, Kecamatan Manyar Gresik. Dengan debit 2 liter per detik untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan kegiatan lainnya. 

Upaya lainnya adalah pengelolaan bank sampah. Program Pengembangan Bank Sampah dan Desa Hijau Lestari yang digagas oleh Cargill Gresik tersebut, bertujuan menciptakan wilayah dan masyarakat mandiri khususnya di bidang tata Kelola lingkungan, khususnya menjadikan desa maju khusus untuk tata Kelola limbah rumah tangga organik dan nonorganik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO