Legen, ​Minuman Legendaris Asli Tuban Laris Manis Saat Ramadhan, Penjual Habiskan 500 Liter Sehari

Legen, ​Minuman Legendaris Asli Tuban Laris Manis Saat Ramadhan, Penjual Habiskan 500 Liter Sehari Mbah Jah dibantu 4 karyawan untuk melayani penjualan legen.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Momen Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi sebagian besar masyarakat muslim. Wakijah, misalnya. Seorang pengepul asal Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten , ini ketiban berkah.

Dagangannya laris manis selama bulan Ramadan ini. Legen merupakan minuman tradisional khas yang terbuat dari pohon lontar. Jika berkunjung ke , anda akan banyak menjumpai penjual di pinggir-pinggir jalan.

Wakijah sendiri sudah 30 tahun berjualan . Suka maupun duka telah dirasakan wanita 60 tahun itu.

"Sudah hampir 30 tahun berjualan . Di sini banyak warga menggantungkan rezeki dari ," ungkapnya.

Dukanya adalah saat pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir. Dagangannya sepi, tak laku. Bahkan, tabungan simpanannya sebanyak Rp50 juta habis hanya untuk membayar warga yang setor .

"Saat pandemi dua tahun terakhir orang-orang yang setiap hari memanjat pohon siwalan pencari bingung, akhirnya saya yang mau membeli mereka," cerita wanita 5 cucu ini.

Untuk meminimalisir kerugian, Wakijah menyimpan setoran dari pemanjat pohon tersebut. Dalam jangka waktu tertentu, itu akan menjadi cuka dan biasanya dikulak oleh produsen cuka.

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO