​Pemberani, Nyai Lily Wahid Dipecat Cak Imin dari DPR karena Melawan Mafia Perpajakan

​Pemberani, Nyai Lily Wahid Dipecat Cak Imin dari DPR karena Melawan Mafia Perpajakan Nyai Hj Lily Chadijah Wahid. Foto: radar tegal DNN/Disway

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Nyai Hj Lily Chadijah Wahid dikenal sebagai perempuan pemberani. Terutama dalam politik. Bahkan sikap politik putri KH Abdul Wahid Hasyim itu hampir sama dengan kakaknya, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Teguh pendirian dan berani mengambil risiko.

Setidaknya itulah yang terjadi ketika Nyai Lily Wahid mendapat kepercayaan sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia tak segan-segan berhadapan dengan penguasa, yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Itu terjadi ketika Nyai Llily Wahid mendukung hak angket mafia perpajakan, pada sidang paripurna DPR RI tanggal 22 Februari 2011. Bersama para anggota DPR RI yang lain Nyai Lily terus bersuara keras agar kasus tersebut terbuka dan tuntas.

Tapi sikap politik yang didukung rakyat itu justru dihadang oleh Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Bahkan Nyai Lily Wahid bukan hanya dihadang, tapi juga dipecat (recall) dari DPR RI oleh Cak Imin.

(A Muhaimin Iskandar. Foto: ist)

Padahal, pengajuan hak angket itu sudah sesuai dengan fungsi anggota DPR RI, yang diatur dalam Pasal 20 A UUD 1945, Pasal 77 ayat 1, 3, UU Nomor 27 Tahun 2009 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Nyai Lily Wahid sempat menggugat ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan kasasi ke Mahkamah Konsitusi (MK) atas pemecatan diri dari anggota DPR RI. Tapi ia tetap dikalahkan dan dipecat.

Simak berita selengkapnya ...