Haramkan Proposal Sumbangan, Kongres III Pergunu Dimeriahkan Gus Miftah, Kirun, Cak Shodik

Haramkan Proposal Sumbangan, Kongres III Pergunu Dimeriahkan Gus Miftah, Kirun, Cak Shodik Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, Muhammad Al Barra dan Ahmad Zuhri dalam acara Lailatul Ijtima’, Ngaji Hikam dan Aswaja yang digelar di Guest House Kampus Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Rabu (18/5/2022) malam. Foto: mma/bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) bakal menggelar Kongres ke-3 di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Jawa Timur, 27-28 Mei 2022.

Kongres ini bakal berlangsung meriah. Karena akan dihadiri ribuan peserta, yaitu Pengurus Wilayah (PW) dari 34 Provinsi dan Pengurus Cabang (PC) dari 514 Kabupaten dan kota. Apalagi panitia mengundang sejumlah tokoh nasional, mulai dari PBNU, menteri, gubernur, bupati, hingga penceramah kondang.

Bahkan Kongres ke-3 Pergunu ini juga banyak menggelar hiburan untuk menyemarakkan organisasi pahlawan tanpa tanda jasa itu.

“Tapi semua mengandung pesan religi. Untuk syiar nahdliyah,” kata Ketua Umum Pergunu, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (18/5/2022) malam. Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu memberi contoh orkes dangdut Monata pimpinan Cak Sodik yang akan menghibur masyarakat.

“Cak Sodik nyayi religi,” kata di sela-sela acara Lailatul Ijtima’, Ngaji Hikam dan Aswaja yang digelar di Guest House Kampus Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Rabu (18/5/2022) malam.

(Para kiai peserta acara Lailatul Ijtima’, Ngaji Hikam dan Aswaja yang digelar di Guest House Kampus Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Rabu (18/5/2022). Foto: mma/bangsaonline.com)

Acara Lailatul Ijtima’ itu digelar tiap bulan. “Tapi tak harus pertengahan bulan. Bisa di awal bulan, bisa di akhir bulan. Karena kadang pas tengah bulan kita sibuk acara,” tutur sembari menuturkan bahwa Lailatul Ijtima’ adalah ruh dan kekuatan kultural NU tapi banyak dilupakan.

“Karena itu kita hidupkan lagi,” kata di depan para kiai se Kabupaten Mojokerto.

memulai acara Lailatul Ijtima’ dengan istighatsah. Ia berharap dengan istighatsah, acara Kongres Pergunu berjalan lancar dan sukses serta penuh barakah. “Barakah itu banyaknya kebaikan,” jelas .

Siapa saja tokoh yang diundang? Menurut , selain pejabat juga mengundang penceramah kondang . Penceramah populer bernama lengkap Miftah Maulana Habiburrahman adalah pimpinan Pesantren Ora Aji Sleman Yogyakarta. Ia banyak berdakwah di kalangan selebritis dan wanita penghibur.

“Juga ngundang Kirun,” kata . Para kiai peserta Lailatul Ijtima’ langsung tertawa mendengar nama Kirun.

Kirun adalah pelawak senior asal Madiun Jawa Timur. Ia bernama lengkap H Sya. Ia dikenal sangat lucu dan pengagum Gus Dur. Belakangan juga banyak tampil sebagai penceramah agama.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':