Wakil Ketua DPRD Gresik Minta Tradisi Sedekah Bumi Dilestarikan

Wakil Ketua DPRD Gresik Minta Tradisi Sedekah Bumi Dilestarikan Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah (tengah), bersama anggota Fraksi Golkar, Hamzah Takim, dan Camat Cerme, Umar Hasyim, saat menghadiri sedekah bumi di Desa Kandangan. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua , , meminta agar tradisi dilestarikan agar tak punah. Ia mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri  di Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, bersama anggota dari Fraksi Golkar Hamzah Takim.

"Sedekah bumi seperti ini makin lama makin terkikis. Untuk itu, desa-desa yang masih mengadakan , tradisi itu harus terus dilestarikan," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (23/5/2022).

Menurut dia, ialah sebagai bentuk ungkapkan syukur secara kolektif kepada Allah SWT, Tuhan pencipta alam semesta, sebagai pemberi rizki

"Juga sebagai sarana dalam membangun kebersamaan. Juga untuk mengingat jasa perjuangan para pendahulu (leluhur), sekaligus menjalin silaturahim dan kerukunan warga," kata ini.

Ia berharap, mampu membentuk pribadi masyarakat yang pandai bersyukur, sehingga bisa membawa kehidupan di dusun maupun desa bisa lebih berkah dan sejahtera.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan peresmian tandon untuk kebutuhan air bersih masyarakat. Bangunan ini hasil aspirasi masyarakat melalui pokok pikiran (pokir) tahun 2021.

"Kami juga bangun drainase dan jalan yang ada di Dusun Sekargeneng. Pembangunan di dusun tersebut akan dilanjutkan sampai tuntas," pungkasnya.

Sedekah bumi di Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, juga dihadiri Umar Hasyim selaku camat setempat; Fenta Aquarista (kepala desa); Ketua LPB, Novantoro, BPD, RT, RW, tokoh masyarakat, agama, dan tamu undangan lainnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO