172 Desa di Bondowoso Siap Laksanakan Pilkades Serentak

BONDOWOSO (BANGSAONLINE.com) - Pemerintah kabupaten Bondowoso saat ini tengah melakukan verifikasi berkas administrasi bakal calon kepala desa (Cakades) yang telah mendaftar melalui panitia tingkat desa yang selanjutnya akan di tetapkan oleh panitia kabuapaten untuk mengikuti tes tulis pekan depan.

Pemilihan kepala desa secara serentak yang akan dilaksanakan di 172 desa, kabupaten Bondowoso menjadi satu-satunya kabupaten di jawa timur yang telah siap menggelar pilkades serenatak.

Tim verifikasi berkas tersebut terdiri dari panitia kabupaten bondowoso melibatkan panitia kecamatan, panitia tingkat desa dan telah melakukan verifikasi berkas administrasi bakal calon kepala desa.

Kepala Bagian pemerintahan pemkab Bondowoso Aries Agung Sungkowo mengatakan, ada 17 item yang harus dipenuhi bakal calon kepala desa, diantaranya ijazah, surat keterangan dari ketua pengadilan, surat keterangan sehat dari rumah sakit daerah dr. Kusnadi, dan surat yang dikeluarkan oleh asisten dan kesra.

Panitia kabupaten juga telah menggadeng semua instansi terkait untuk melakukan verifikasi berkas-berkas calon kepala desa melalui panitia tingkat desa untuk mengetahui keabsahan berkas-berkas calon kepal desa tersebut .

Tim verifikator yang telah di bentuk oleh panitia kabuapaten diantaranya terdiri dari, bakesbang polinmas, dispenduk capil, bagian pemerintahan dan bagian hukum pemkab Bondowoso, diknas, kemenag.

“Ada sekitar enam ratus berkas bakal calon yang akan diverifikasi. Verifikasi ini dilakukan mulai tanggal 15 April sampai dengan tanggal 23 April 2015. Bagi bakal calon yang lolos verifikasi nantinya akan diumumkan dengan surat rekomendasi pemerintah kabupaten Bondowoso, melalui panitia pilkades tingkat desa,” ujar Kabagpem‎ Jum'at (17/4).

Lanjut agung, Jadi untuk verifikasi berkas ini panitia tingkat kabupaten tidak bisa melaksanakan secara serentak satu hari selesai, akan tetapi panitia kabupaten melakukan veriafikasi secara bertahap dari masing-masing kecamatan.

“Sesuai schedule, panitia pilkades kabupaten harus menyelesaikan verifikasi atau administrasi berkas bakal calon kades yang nantinya akan di tetapkan untuk mngikuti tes tulis pada tanggal 13 Mei 2015. serentak di 172 desa akan diselenggarakan pada bulan awal bulan Juni mendatang,” pungkas Aries Agung Sungkowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO