Wabup Kediri Apresiasi Upaya SDM PKH Turut Bantu Turunkan Angka Stunting

Wabup Kediri Apresiasi Upaya SDM PKH Turut Bantu Turunkan Angka Stunting Wakil Bupati Kediri, Dewi Mariya Ulfa. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (Wabup) Kediri mengapresiasi para SDM PKH yang turut berupaya menurunkan angka stunting dengan mengadakan kegiatan gerakan budi daya tanaman karang kitri (Geyatri).

Melalui kegiatan yang digelar di Wisata Air Terjun Irenggolo, Sabtu (4/6/2022), para pendamping PKH memberikan edukasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) agar memberdayakan pekarangan rumah.

Para KPM PKH diajak memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami buah, sayur, maupun dijadikan kolam ikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing. Dengan demikian, angka stunting bisa diminimalisasi melalui pemenuhan gizi yang cukup.

“Memberdayakan pekarangan sekitar kita dengan menanami sayur, buah, obat dan juga ikan itu sangat membantu pemenuhan pangan bagi keluarga dan bisa dijual pastinya,” ujar Dewi.

Perempuan yang juga Ketua Tim Penurunan Stunting Kabupaten Kediri itu menargetkan angka stunting yang saat ini 14,1 persen bisa turun menjadi satu digit pada tahun 2024.

Sementara Dyah Saktiana, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, menambahkan bahwa penurunan angka stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah. “Tetapi tanggung jawab kita bersama, termasuk masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Kediri,” ucapnya.

Karena itu, pihaknya berharap KPM PKH bisa membantu membantu penurunan angka stunting. Mengingat, jumlah penerima PKH di Kabupaten Kediri cukup banyak, mencapai puluhan ribu.

“Mudah-mudahan (stunting) hilang dari Kabupaten Kediri. Terima kasih kepada SDM dan KPM PKH, sirup rosela produk unggulan kita, SDM PKH luar biasa,” pungkasnya.

Selain wakil bupati dan Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO