Gandeng Pemkot Madiun, BI Kediri Gelar Madiun Coolinary Festival

Gandeng Pemkot Madiun, BI Kediri Gelar Madiun Coolinary Festival Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Moch. Choirur Rofiq, saat menyerahkan Sertifikat Halal Kepada salah satu pelaku UMKM di Kota Madiun. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah berkolaborasi dengan Pemkot , giliran Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Madiun menggelar acara “Madiun Coolinary Festival” pada 18-19 Juni 2022 di Lapangan Tenis PELTI, Jalan Pahlawan, Kota Madiun.

Acara ini masuk ke dalam calendar of event Kantor Perwakilan BI untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya sektor UMKM, antara lain dengan mempromosikan kuliner khas Pecel Madiun dan olahan tepung porang, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Madiun ke-104 tahun.

Dalam keterangan resmi yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (19/6/2022), disebutkan bahwa acara tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto; Wali Kota Madiun, Maidi; dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia , Moch Choirur Rofiq.

Pada acara Madiun Coolinary Festival, digelar puluhan stand UMKM kuliner Kota Madiun yang dapat dikunjungi masyarakat luas. Selain itu, dilakukan penyerahan sertifikat halal kepada UMKM mitra binaan Bank Indonesia .

Pada acara ini juga diserahkan secara simbolik pembiayaan dari perbankan kepada 6 UMKM, mewakili 17 ribu UMKM penerima pembiayaan di wilayah Madiun selama tahun 2022 dengan total nilai mencapai Rp768 miliar sebagai bukti nyata kontribusi perbankan dalam mendukung pemulihan ekonomi dan pengembangan UMKM.

Serta Temu Bisnis (Business Matching) antara pengusaha dalam negeri dan luar negeri dengan total nilai kesepakatan mencapai 22,8 miliar Rupiah untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian dan UMKM di wilayah Madiun.

Selain itu, ajang Temu Bisnis (Business Matching) dilakukan antara pelaku usaha tepung porang di Kota Madiun dengan buyer dari Tiongkok; kerja sama Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Timur dengan Derbi Australia untuk pengiriman sambel pecel, kopi, dan fesyen sepatu; KADIN Kota dengan KADIN Kota Madiun untuk pemenuhan kebutuhan sambel pecel; business matching pengadaan kacang telur dan kripik pisang; serta pengadaan seragam sekolah dan baju olahraga di Dinas Pendidikan Kab. Tulungagung dan Kota Waringin Barat.

Business matching Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Timur dengan Derbi Australia untuk pengiriman sambel pecel, kopi, dan fesyen sepatu senilai 500 ribu dolar AS setahun. KADIN Kota juga bekerjasama dengan KADIN Kota Madiun untuk pemenuhan kebutuhan sambel pecel senilai 100 juta rupiah, dengan potensi kedepan mencapai 200 juta rupiah.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':