Antisipasi Penyebaran PMK, DKPP Kota Kediri Jemput Bola Lakukan Vaksinasi 100 Ekor Sapi

Antisipasi Penyebaran PMK, DKPP Kota Kediri Jemput Bola Lakukan Vaksinasi 100 Ekor Sapi Petugas saat memberi vaksin kepada sapi. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri mulai melakukan vaksinasi ke hewan ternak sapi dengan metode jemput bola. Tahap awal, ada 12 peternak sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, Sabtu (25/6).

Kepala  Moh. Ridwan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 1 vial vaksin untuk disuntikkan ke 100 ekor sapi. Adapun sasaran sapi yang akan divaksin adalah yang masih sehat atau belum pernah terjangkit PMK.

"Alhamdulillah, rata-rata untuk sapi perah di Kota Kediri masih aman. Makanya sebelum kena kita berikan vaksinasi lebih awal supaya nanti kekebalannya terbentuk dari awal," jelasnya.

Ridwan menjelaskan tiap ekor sapi akan mendapatkan tiga dosis suntikan vaksin. Dosis kedua akan diberikan satu bulan setelah dosis pertama.

"Sedangkan ntuk dosis ketiga kita berikan enam bulan berikutnya. Kita masih akan terus melakukan kegiatan ini sampai jatah 500 dosis kita habis dan kita targetkan selesai dalam waktu dua minggu," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':