Bahas RTRW dan RDTR, DPRD Jember Gelar RDP

Bahas RTRW dan RDTR, DPRD Jember Gelar RDP Suasana RDP yang digelar DPRD Jember untuk membahas RDTR dan RTRW.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - DPRD mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) yang membahas penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) setempat, Senin (1/8/2022). Sejumlah hal tersebut menjadi polemik dan membuat PMII menggelar demo beberapa waktu lalu.

"RDTR yang kami susun di tahun 2021 adalah materi teknis, yang di dalamnya sama dengan RTRW. Perlu ada validasi dari KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis), juga ada kaitannya dengan konsultasi publik di dalamnya. Nah ini belum berupa naskah akademis. Jadi kami hanya menyusun materi teknis berkaitan dengan RDTR," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (DPRKPCK) , Rahman Anda.

"Di dalam amanah undang-undang itu, RDTR ini juga bisa bersamaan dengan RTRW, karena berkaitan dengan pengendalian, pengendalian kegiatan atau tata ruang. Cuma tahapan yang dilakukan oleh kami, penyusunan RDTR untuk pengembangan wilayah perkotaan, tiga kecamatan kota," paparnya menambahkan.

Ia mengungkapkan, dalam RDTR perlu diintegrasikan dengan KLHS dan RTRW.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':