Cegah Penyebaran PMK di Desa Tlanakan, DKPP Pamekasan Gelar Vaksinasi 100 Sapi

Cegah Penyebaran PMK di Desa Tlanakan, DKPP Pamekasan Gelar Vaksinasi 100 Sapi DKPP melakukan vaksinasi PMK terhadap 100 sapi di Desa Tlanakan, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Tlanakan, , menggelar vaksinasi pada hewan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), Senin (01/08/2022) pagi.

Dalam kegiatan vaksinasi PMK tahap kedua dosis satu dan dua tersebut diberikan kepada 100 sapi milik warga , , , Madura, Jawa Timur.

Desi, dokter hewan dari DKPP Pamekasan mengatakan bahwa giat penyuntikan vaksinasi PMK tahap ke satu vaksinasi satu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah PMK serta meningkatkan kekebalan pada sapi, khususnya di .

Sedangkan untuk vaksinasi tahap kedua diberikan kepada sapi yang sudah dilakukan vaksinasi tahap ke satu sebelumnya.

"Untuk vaksinasi dosis kedua, diberikan dengan jarak waktu satu bulan setelah diberikan vaksinasi dosis pertama, dan untuk saat ini ada sebanyak 60 ekor sapi betina dan 40 ekor sapi jantan yang divaksin," jelas Desi kepada awak media di sela-sela vaksinasi.

Kepala Desa (Kades) Tlanakan, H. Kali mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkab Pamekasan melalui Dinas KPP yang telah peduli kepada para peternak, khususnya di .

"Dengan memberikan vaksin PMK secara gratis, para peternak merasa sangat terbantu, sehingga mereka tidak takut dengan dilaksanakannya vaksinasi bagi sapi-sapi mereka," ujar Kali.

Perlu diketahui, kegiatan vaksinasi untuk hewan itu didampingi oleh paramedik veteriner kesehatan hewan sebanyak 3 orang yakni Rosi Hidayat, Hasin, dan Candra, Babinsa, juga Bhabinkamtibmas . (dim/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO