Hadiri Ruwat Agung Patirtan Jolotundo, Bupati Ikfina: Ini Wujud Kegotongroyongan Para Leluhur

Hadiri Ruwat Agung Patirtan Jolotundo, Bupati Ikfina: Ini Wujud Kegotongroyongan Para Leluhur Kedatangan Bupati Ikfina dan Wabup Gus Barra di Petirtaan Jolotundo disambut pemuka petirtaan dan tarian adat setempat.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Even akbar Kirab Agung Budaya Nusantara dan Ruwat Agung Patirtan Jolotundo kembali digelar tahun ini.  dan Muhammad Al-Barra () pun tak ketinggalan turut hadir menyaksikannya 

Acara tahunan di Petirtaan Jolotundo, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas pada Rabu (3/8/2022) pagi itu untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada di wilayah .

Kedatangan orang nomor satu dan dua di tersebut disambut dengan tarian khas Mojokerto yakni Tari Mayang Rontek, Ruwat Agung Partirtan Jolotundo.

"Ruwat Agung Partirtan Jolotundo ini tidak hanya sekadar kegiatan rutin adat istiadat dan budaya, akan tetapi dapat dimaknai sebagai upaya untuk menghargai segala yang sudah dilakukan oleh para leluhur atau para pendahulu," ungkap Bupati Ikfina.

Karenanya ia mengajak warga untuk berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia berharap, mudah-mudahan semua yang sudah dilakukan oleh para leluhur merupakan suatu kebaikan.

"Dan kemudian bersama-sama kita bisa menikmatinya. Kita bisa warisi dengan baik, dan kita jaga dengan baik," terangnya.

Lebih lanjut Ikfina juga berharap agar para penerus dari para leluhur dapat diberikan hidayah dan kekuatan untuk bisa melanjutkan kebaikan yang sudah dilakukan oleh para leluhur.

"Mudah-mudahan kita bisa menjaga dan melestarikan adat istiadat dan budaya di tempat kita masing-masing, di posisi kita masing-masing dan sesuai dengan kewenangan kita masing-masing," pesannya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Borong Melon di Wisata Green House, Gus Barra Berharap Semakin Banyak Agrowisata di Mojokerto':