Tangani Aduan Warga, Pemkot Pasuruan Andalkan E-Sambat

Tangani Aduan Warga, Pemkot Pasuruan Andalkan E-Sambat Salah satu Warga Kota Pasuruan saat menunjukkan aplikasi E-Sambat yang dia gunakan. Foto: ARDIANZAH/ BANGSAONLINE.com

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aplikasi E-Sambat yang diluncurkan kini menjadi tumpuan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan terkait dengan pelayanan publik di Kota Pasuruan. Setidaknya, saat ini sudah ada ratusan pengaduan dari masyarakat yang masuk di aplikasi E-Sambat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, mengatakan sejak diluncurkan pada tahun 2021, sudah ada 420 yang disampaikan melalui . Sementara pada tahun 2022 terhitung sampai dengan bulan Agustus, terdapat 137 pengaduan.

"Data itu menunjukkan tingginya partispasi masyarakat dalam mengakses layanan aduan ini,“ kata Kokoh, Jumat (05/08/2022).

Rincian pengaduan terdiri pengaduan air minum daerah 23%, PUPR 16%, perhubungan 11%, kesehatan 11%, perkim 8%, ketenagakerjaan 6%, lingkungan hidup 4%, administrasi kependudukan 4%, satgas covid 3%, dan pendidikan 3%.

Simak berita selengkapnya ...