Bupati Jember Tinjau Gunung Argopuro dan Raung dari Udara

Bupati Jember Tinjau Gunung Argopuro dan Raung dari Udara Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat menaiki pesawat untuk meninjau limpahan air dari Gunung Raung dan Argopuro.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hendy Siswanto, meninjau limpahan air dari Gunung Raung dan Argopuro yang diprediksi tumpah ke wilayahnya. Ia melakukan peninjauan dari udara (join flight) bersama Kepala Dinas Perhubungan , Agus Wijaya, Sabtu (6/8/2022).

"Kami join flight untuk menyusuri Bandara Cikasur ya, lapangan terbang Cikasur yang ada di atas Gunung Argopuro, dan tentunya di sini tujuan utama kami, persiapan kita mengantisipasi penanganan bencana," ujarnya.

"Selama ini, kami tidak tau, air dari kaki Gunung Argopuro dan Gunung Raung ini bersatunya di titik Kabupaten . Dan akhir tahun sudah mulai mendekat. Terus terang kami ini harus waspada dan hati-hati, untuk masyarakat, (juga) dari sisi pemerintah," tuturnya menambahkan.

Hendy mengungkapkan, penyusuran melalui udara memang membutuhkan biaya tinggi. Namun, hal tersebut harus dilakukan karena menyangkut risiko bencana yang tinggi.

"Ini masih investigasi ya. Belum ada penanganan secara fisiknya. Ini karena biayanya yang sangat luar biasa. Tentunya dengan penerbangan ini kami bisa melihat gambaran sekilas, seperti apa dari atas itu. Ini menjadi sangat penting dan berisiko tinggi apabila tidak diantisipasi dari awal," paparnya.

Nantinya, ia menyatakan bakal kembali melakukan pemantauan dari udara dan diikuti para pegiat kebencanaaan untuk memetakan kondisi lebih detail guna melihat kondisi aliran air yang ada di atas Gunung Argopuro. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO