Turunkan Angka Stunting, Dinkes Batu Gelar Rembuk Stunting

Turunkan Angka Stunting, Dinkes Batu Gelar Rembuk Stunting Kepala Dinkes Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari pada acara rembuk stunting yang berlangsung di Gedung Bina Praja Balai kota Among Tani, Rabu (23/8/2022).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu terus berupaya untuk menurunkan angka stunting di Kota Batu. Salah satu caranya, dengan menggelar acara rembuk stunting di Gedung Bina Praja Kota Batu, Rabu (23/8/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun komitmen bersama dalam penurunan angka stunting dan memastikan intervensi (kegiatan yang langsung mengatasi terjadinya stunting) telah dilakukan sesuai rencana.

, Hj. Dewanti Rumpoko, yang hadir dalam acara tersebut mengajak semua elemen masyarakat berperan aktif dalam menangani stunting.

“Kita harus terus menggaungkan, menyosialisasikan, dan memahamkan masyarakat bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah penting. Ketika sudah paham dan perhatian, maka ibu bisa sehat dan melahirkan keturunan yang sehat,” kata Dewanti.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari, mengatakan penanganan stunting bukan hanya terkait asupan gizi, tetapi kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh.

“Terkait intervensi perbaikan gizi dalam sektor kesehatan hanya memberikan 30%, intervensi yang pengaruhnya sangat besar yakni 70% adalah dari kondisi lingkungan sekitar,” katanya.

Kartika menjelaskan bahwa intervensi gizi yang telah dilakukan dinas kesehatan adalah dengan memberikan makanan tambahan gizi untuk ibu dan balita, pemantauan di posyandu, dan peningkatan layanan kesehatan untuk ibu dan anak.

Sedangkan untuk intervensi lingkungan, diperlukan kerja sama dengan seluruh perangkat desa terkait, untuk memastikan setiap keluarga mendapatkan air yang layak dan sanitasi yang baik.

"Selain itu, diperlukan pemahaman dan edukasi kepada setiap keluarga, terkait pentingnya pencegahan stunting dan pengasuhan anak," ungkap Kartika. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO