Tingkatkan Minat Baca Warga Sekitar PLTU Rembang, PJB Bangun TBM Lentera Kisik

Tingkatkan Minat Baca Warga Sekitar PLTU Rembang, PJB Bangun TBM Lentera Kisik Lokasi wisata literasi lentera kisik. Foto : ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Pembangkitan Jawa-Bali () mengembangkan Taman Baca Masyarakat (TBM) '' sebagai sarana wisata untuk meningkatkan minat baca masyarakat di sekitar PLTU Rembang.

Pengembangan fasilitas ini, menjadi bagian dari kontribusi untuk mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Lentera Klasik ini, merupakan suatu perpustakaan untuk masyarakat yang berada di tepi pantai Desa Plawangan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, yang didirikan oleh Sonhaji bersama para pemuda desa pada 5 April 2022 lalu.

Beberapa target yang diharapkan oleh dalam membina kelompok tersebut sejak triwulan pertama 2020.

Pertama, membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat. Kedua, memfasilitasi dalam pengelolaan taman bacaan masyarakat dan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan. Ketiga, meningkatkan pendapatan sesuai dengan potensi kemampuan kelompok.

“Kami ingin menjadikan taman bacaan menjadi lebih menarik, tak sekedar tempat membaca buku yang terkesan membosankan. menjadi wadah edukasi dan kreasi bagi anak-anak dan masyarakat. Di sini mereka tak sekedar membaca, tapi juga bisa bermain dan mendapatkan bermacam edukasi,” kata Sekretaris Perusahaan , Zubaidah.

Sementara itu, Sonhaji selaku pendiri menuturkan, didirikan sebagai wadah dan ruang bagi masyarakat untuk menumbuhkan minat .

menjadi salah satu wisata edukasi bagi anak-anak maupun masyarakat luas untuk membaca buku, bermain, serta mengembangkan berbagai kreatifitas dengan sajian wisata laut di tengahnya,” ujarnya.

Dengan CSR TBM ini, memberikan kontribusi dalam pencapaian 4 tujuan SDGs terkait Quality Education (penyediaan pendidikan berkualitas) dan tujuan 14 terkait Life Below Water (konservasi wilayah pesisir, pantai laut)

juga berharap, putra-putri daerah di Kabupaten Rembang bisa tumbuh sebagai masyarakat cerdas, kreatif dan mandiri untuk mendorong pertumbuhan perekonomian secara luas di masa akan datang. (diy/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO