Fakta Gunung Arjuno, Berikut Lokasi Pasar Setan

Fakta Gunung Arjuno, Berikut Lokasi Pasar Setan Gunung Arjuno Welirang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - , merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Jawa Timur. Selain itu, gunung ini dikenal dengan penuh misteri bagi para pendaki.

Mitos yang beredar, di terdapat sebuah pasar setan atau sebuah pasar yang dihuni oleh makhluk gaib. Menurut warga sekitar, terdapat suara gamelan yang ada di gunung tersebut merupakan salah satu kegiatan makhluk gaib, yaitu unduh mantu.

Mitos lain pun beredar, jika seseorang yang terjebak pada pasar setan, ia tidak akan kembali ke dunia nyata. Sebab, jiwanya sudah terjebak di alam tersebut.

Selain itu, juga terdapat hutan yang disebut alas lali jiwo atau lupa jiwa. Misteri alas tersebut, mengandung cerita mistis bagi para pendaki. Sebab, para pendaki yang berkemah di sana, wajib menjaga perilaku dan ucapan.

Dibalik itu semua masih banyak fakta lainnya tentang , berikut faktanya.

1. Salah satu Gunung tertinggi di Pulau Jawa

Gunung yang memiliki puncak bernama Puncak Ogal Agil ini, merupakan gunung tertinggi di Jawa, yaitu berada di ketinggian 3.399 mdpl.

2. Mitos adanya

Mitos ini masih dipercaya oleh warga sekitar maupun para pendaki. Pasar ini, diduga berada di daerah sabana luas yang berada di jalur pendakian . Beberapa orang sering mendengar adanya suara yang seperti sebuah pasar yang ramai, namun di lokasi tersebut tidak ada penduduk sama sekali.

Sumber lain juga pernah mengatakan, di , konon katanya lokasi ini mirip seperti halnya pasar-pasar pada umumnya. Namun, transaksi yang digunakan bukanlah menggunakan uang, tetapi menggunakan daun. Hal ini, juga ada yang mengaitkan, apabila terjebak di pasar, para pendaki disarankan mengambil dedaunan yang ada, lalu membelanjakan daun tersebut ke salah satu pedagang di ini. Maka, akan dibukakan kembali ke dunia nyata.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno':