Meriahkan Hari Pahlawan, Pemkab Kediri Gelar Gebyar Kebangsaan 2022

Meriahkan Hari Pahlawan, Pemkab Kediri Gelar Gebyar Kebangsaan 2022 Beberapa pelajar dan milenial saat berada di stan pameran kendaraan tempur, serta berbagai jenis senjata api Brigif Mekanis 16/Wira Yudha. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui badan kesatuan bangsa dan politik (Bakesbangpol) menggelar agenda bertajuk Gebyar Kebangsaan 2022. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memeriahkan tahun ini.

Plt Kepala Bakesbangpol Kabupaten , Solikin, mengatakan bahwa acara tersebut diharapkan menguatkan semangat patriotisme dan cinta tanah air generasi penerus di Bumi Panjalu. Ia mengungkapkan hal itu mewakili Bupati , Hanindhito Himawan Pramana.

Gebyar Kebangsaan 2022 berpusat di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) dan berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Senin (12-14 November 2022). Kegiatan dimulai dengan lomba kreasi baris berbaris yang diikuti 22 sekolah tingkat SMA se-Kabupaten .

Solikin menyebut, lomba kreasi baris berbaris ini salah satu cara Pemkab untuk membangun kreativitas, sportivitas, kedisiplinan, semangat kebangsaan, dan solidaritas para pelajar. Ajang itu dinilai dari tiga kategori, yakni PBB, formasi, dan variasi.

"Melalui pelaksanaan lomba kreasi baris berbaris ini diharapkan dapat memberikan semangat patriotisme dan cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa di Kabupaten ," ujarnya.

Selain lomba kreasi baris berbaris, diadakan pula pameran kebangsaan yang di antaranya diisi dokumentasi napak tilas perjuangan pahlawan dari , pameran kendaraan tempur, serta berbagai jenis senjata api oleh Brigif Mekanis 16/Wira Yudha.

Pada Minggu (13/11/2022) akan digelar panggung kebangsaan yang diisi kegiatan pagelaran pentas seni dan budaya. Dilanjutkan dengan pertunjukan barongsai dan jaranan, tari nusantara, dan musik kontemporer.

"Nanti akan ada pertunjukan musik kontemporer yang sudah jarang kita saksikan, ini menjadi salah satu wadah pertunjukan seni yang mendidik dan mengandung pesan moral budaya bangsa, seni yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman," kata Solikin.

Ia menyebut, pertunjukan seni dan budaya itu menjadi salah satu wadah dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa, khususnya dari Kabupaten . Di sisi lain, pertunjukan yang ditampilkan dapat menjadi motivasi untuk menumbuhkembangkan potensi budaya daerah.

"Nanti puncak acara di hari Senin (14/11/2022) akan diadakan seminar kebangsaan yang akan disiarkan live streaming di kanal youtube Pemerintah Kabupaten ," pungkasnya. (kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO