Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Menyimpan Masalah, Apakah Akan Selesai Pada Juni 2023?

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Menyimpan Masalah, Apakah Akan Selesai Pada Juni 2023? Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Proyek kereta cepat-Bandung masih menyimpan masalah yang belum selesai. Proyek kereta cepat-Bandung mengalami pembengkakan anggaran lebih dari Rp 20 triliun. Saat ini sedang dilakukan upaya pencarian solusi pendanaan yang bersumber dari pemerintah maupun investor dari China. Dari pemerintah sendiri akan pakai skema penyertaan modal negara (PMN).

Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara () mengungkapkan pembengkakan biaya proyek mencapai US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun (dengan asumsi kurs Rp 15.596).

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DRP) terkait penyertaan Modal Negara (PMN) yang sebesar Rp 3,2 Triliun.

"Kalau PMN diberikan maksimal di bulan Desember kami bisa yakinkan tidak ada penambahan cost overrun lagi. Dan proyek akan selesai pada pertengahan tahun 2023", tutur Dirut (Persero) Didiek Hartantyo di hadapan Komisi VI DPR RI (19/11/2022).

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':