Banjir di Jember, Ratusan Rumah Warga Terendam

Banjir di Jember, Ratusan Rumah Warga Terendam Kondisi debit air di aliran Kalijompo yang meluap usai guyuran hujan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sekretaris BPBD , Heru Widagdo, mengatakan bahwa hujan deras yang merata dari kemarin sore hingga malam hari mengakibatkan banjir pada sejumlah wilayah di Kota Suwar-Suwir, seperti Kecamatan Kecamatan Kaliwates, Patrang, dan Rambipuji. 

BPBD mencatat, ada 216 rumah warga dan 3 fasilitas umum yang terendam dengan ketinggian 30 cm-1 meter. Heru menyebut, banjir diakibatkan luapan Sungai Dinoyo yang melintasi Kecamatan Rambipuji, dan Kalijompo di Kaliwates.

"Luapan air sungai tersebut dilaporkan cukup keruh hingga berwarna coklat dan membawa lumpur. Sehingga, warga terdampak harus dievakuasi. Total, ada 215 KK dan 15 di antaranya balita." ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (25/2/2023).

"Rumah warga yang terdampak banjir terbanyak berada di Kecamatan Rambipuji, sehingga TRC (tim reaksi cepat) dan relawan segera melakukan penanganan bencana. Petugas sudah mendistribusikan bantuan logistik ke lokasi terdampak, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk giat penanganan bencana," imbuhnya.

Selain itu, hujan lebat yang mengguyur juga diiringi angin kencang dan menimbulkan tanah longsor. BPBD menyatakan, atap rumah warga di Kelurahan Gebang, Patrang, ambruk diterpa angin kencang dan sejumlah rumah warga di Desa Klungkung dan Karangpinang, Kecamatan Sukorambi, rusak diterjang longsoran tanah. (yud/bil/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO