Mengatasi dan Penyebab Pneumonia atau Infeksi Saluran Pernapasan Pada Anak

Mengatasi dan Penyebab Pneumonia atau Infeksi Saluran Pernapasan Pada Anak Ilustrasi. Foto: Freepik

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - adalah infeksi yang dapat mempengaruhi kesehatan pada anak kecil, terutama mereka yang masih berusia di bawah lima tahun.

Hal ini, merupakan kondisi yang serius dan sangat memerlukan tindakan medis segera.

Jika anak anda mengalami gejala-gejala , seperti batuk, demam, nafas sesak atau cepat, sakit perut, bahkan kelelahan dan kurang nafsu makan, para orang tua bisa langsung mengunjungi dokter untuk melakukan penanganan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi pneumonia pada anak kecil:

Kunjungi dokter

Jika gejala ada pada anak anda, segera kunjungi Dokter. Sehingga, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan gejala-gejala yang dialami oleh anak tersebut.

Selain itu, dokter juga akan memberikan resep obat-obatan dan menyaran beberapa cara untuk meredakan gejala.

Jika tindakan-tindakan dokter tersebut, masih belum membuahkan hasil, disarankan anak anda untuk mendapatkan penanganan medis di Unit Gawat Darurat (UDG) di rumah sakit terdekat.

Beri anak Anda obat yang diresepkan oleh dokter

Setelah menerima resep obat dari dokter, pastikan untuk memberikan obat tersebut kepada anak dengan tepat.

Ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter dan jangan berhenti memberikan obat meskipun gejala sudah mereda. Sebaiknya, selesaikan seluruh resep obat yang diberikan oleh dokter.

Konsumsi air minum

pada anak, para orang tua harus menjaga konsumsi air minumnya. Selain itu, para orang tua juga dapat memberikan jus buah atau kaldu ayam.

Pastikan, anak mengonsumsi air dalam jumlah cukup banyak, agar tubuhnya dapat memperbaiki kondisi.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting dalam proses penyembuhan pneumonia pada anak kecil. Pastikan anak Anda istirahat yang cukup dan menghindari kegiatan fisik yang berlebihan selama beberapa waktu.

Lakukan vaksinasi

juga bisa karena alergi yang menyerang saluran pernafasan pada anak. Pastikan anda sudah melakukan tes alergi pada anak dan melakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya

Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan lingkan pada merupakan hal yang penting. Sebab, pada anak bisa disebabkan adanya debu yang membuat anak menjadi alergi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO