Jelang Lebaran, Dishub Gresik Siapkan Kapal Baru bagi Warga Bawean

Jelang Lebaran, Dishub Gresik Siapkan Kapal Baru bagi Warga Bawean Bupati Gresik, Sambari HR (tengah baju hitam), ketika melihat kondisi dalam kapal Express Bahari 8E. (foto: syuhud/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dishub (Dinas Perhubungan) Pemkab Gresik telah menyiapkan kapal Express Bahari 8E untuk melayani arus mudik lebaran bagi warga yang tinggal di pulau Bawean. Siang tadi (4/6), kapal tersebut dilihat kondisinya oleh Kadishub, Andhy Hendro Wijaya bersama Bupati, Sambari Halim Radianto, di Pelabuhan Gresik.

Bupati memantau satu persatu ruang yang tersedia di kapal tersebut. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kalau kapal tersebut layak digunakan untuk mengangkut penumpang pada saat arus mudik maupun arus balik lebaran. 

Menurut Bupati, kapal Express Bahari 8E tersebut layak untuk digunakan melayani penumpang arus mudik maupun arus balik lebaran 1436 H setelah memeriksa satu persatu sarana dan prasarana yang ada di kapal. Kapal tersebut diketahui lebih luas, karena bisa mengangkut penumpang sampai 393 orang. "Joknya tampak lebih lentur dan lebih empuk dibanding pendahulunya," kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengatakan bahwa kapal Express Bahari 8E merupakan kapal generasi terbaru. Kapal itu nantinya menggantikan rute kapal pendahulunya, yaitu Express Bahari IC. Dilihat dari spesifikasinya, kapal lebih besar karena berkapasitas 393 penumpang dibanding kapal yang lama hanya 250 penumpang.

Untuk faktor keselamatan dan kenyamanan, Andhy menjamin kapal yang baru lebih tahan gelombang, karena terbuat dari aluminium. Sedangkan kapal pendahulunya terbuat dari fiber. Kapal Express Bahari 8E dilengkapi piranti mesin yang lebih besar, yaitu 34 knot. Sedangkan yang terdahulu hanya 22 knot. "Kalau kapal yang lama melintasi Gresik-Bawean sejauh 80 mil membutuhkan waktu 3 jam, kapal baru nanti akan lebih cepat lagi," jelasnya.

Ditambahkan Andhy, kapal akan dioperasikan dan siap melayani penumpang Gresik-Bawean saat arus mudik lebaran yang akan berlangsung sebentar lagi. Saat ini, jumlah kapal yang melintasi Gresik-Bawean sebanyak 3 unit, yaitu Ekspress Bahari IC, Natuna Express dan Gili Iyang. "Jumlahnya masih akan tetap tiga, karena kapal yang baru ini sebagai ganti kapal yang lama Express Bahari IC yang sebentar lagi akan ditarik dari perairan Gresik," pungkasnya. (hud/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO