Tempat Kelahiran Istri Ganjar Ternyata Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah

Tempat Kelahiran Istri Ganjar Ternyata Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti. Foto: Instagram

PURBALINGGA, BANGSAONLINE.com - Prestasi sebagai Gubernur Jawa Tengah tampaknya memang tidak moncer. Apalagi dalam menekan angka kemiskinan warga Jawa Tengah. Tak aneh jika, politisi PDI Perjuangan sendiri, Trimedya Panjaitan mencap Ganjar sebagai gubernur tak berprestasi. Bahkan, menurut Trimediya Panjaitan, Ganjar hanya sibuk bermain media sosial untuk pencitraan dirinya sebagai calon presiden. Padahal Ganjar yang kini menjadi Calon Presiden (Capres) RI PDI Perjuangan itu menjabat gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Yang sangat ironis, tempat kelahiran istri Ganjar sendiri, , yaitu Kabupaten Purbalingga, justru dikenal sebagai kabupaten termiskin di Jawa Tengah.

Selain Purbalingga, kabupaten termiskin di Jawa Tengah adalah Kebumen, Wonosobo, Brebes, dan Banjarnegara. 

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mencatat bahwa pada tahun 2022, Kabupaten Purbalingga menjadi kabupaten termiskin keempat dengan angka persentase sebesar 15.30 persen.

Bahkan angka UMK di Purbalingga juga tergolong kecil. Yaitu hanya Rp 1.958.169. Tak aneh, jika Ganjar di Kabupaten Purbalingga kalah dalam pemilihan gubernur periode kedua. Padahal Purbalingga dikenal sebagai kandang banteng.

Memang ada yang beralasan Ganjar kalah di Purbalingga karena Bupati Purbalingga Tasdi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) awal Juni 2018. Tapi alasan itu tak sepenuhnya benar. Karena Ganjar saat itu adalah calon gubernur incumbent yang sudah menjabat 5 tahun.

Lalu apa yang diperbuat Ganjar selama 5 tahun sebelumnya. Bahkan ketika menjabat gubernur Jateng periode kedua, Ganjar lagi-lagi gagal menurunkan angkat kemiskinan. BPS mencatat bahwa Jawa Tengah merupakan provinsi termiskin kedua di Jawa, setelah Yogyakarta. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Hujan Deras di Purbalingga Mengakibatkan Banjir Bandang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO