Mensos Tegaskan Tak Terlibat Kasus Dugaan Korupsi Penyaluran Bansos

Mensos Tegaskan Tak Terlibat Kasus Dugaan Korupsi Penyaluran Bansos Mensos Risma saat konferensi pers di Surabaya. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam kasus dugaan korupsi penyaluran bansos. Kendati demikian pihaknya mendukung upaya pengungkapan yang dilakukan oleh .

"Saya tidak mengetahui kejadian ini. Karena itu ketika media menanyakan ke saya. Saya sampaikan tidak tahu. Tapi saya mendukung dan tidak akan intervensi," ujarnya saat berada di Surabaya, Jumat (26/5/2023).

melakukan penggeledahan di Kantor Kementerian Sosial dan membawa bukti baru dalam dugaan korupsi penyaluran bansos yang diduga terjadi pada 2020 hingga 2021.

Dalam menjalankan tugasnya, Mensos mengaku mengikuti arahan Presiden Jokowi yaitu bansosnya tidak berupa barang, dan pihaknya memastikan bahwa jika ada bantuan berupa barang maka itu bukan berasal dari Kementerian Sosial.

"Dalam menjalankan tugas sejak awal menjabat, saya melaksanakan arahan bapak presiden yaitu bukan barang. Kalau ada yang berupa barang itu dari pihak lain, bukan kita," ucap mantan Wali Kota Surabaya itu.

Bahkan, ia diminta untuk menyalurkan bansos minyak goreng saat harga melambung. Namun, Kementerian Sosial tetap menolak.

"Kemarin waktu minyak goreng kita diminta untuk bantu salurkan tapi saya tidak mau karena saya tetap.berpegang pada arahan presiden," tuturnya.

Terkait dengan pejabat yang mungkin terlibat, ia menyatakan telah melakukan mutasi pejabat yang diduga terlibat penyaluran beras bantuan sosial untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) periode 2020. Mutasi tersebut dilakukan agar para pejabat yang terlibat itu tidak memegang posisi yang strategis.

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO