Atasi Kelangkaan Pupuk, Bupati Kediri Bangun Intalasi Pengolahan POC di Sentra Nanas

Atasi Kelangkaan Pupuk, Bupati Kediri Bangun Intalasi Pengolahan POC di Sentra Nanas Salah satu Staf Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri saat meninjau instalasi pengolahan pupuk organik cair (POC). Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendirikan instalasi pengolahan () untuk mengatasi persoalan kelangkaan pupuk yang dialami .

Sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo, tanaman nanas tidak masuk dalam komoditas yang mendapat alokasi pupuk subsidi.

Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Permentan (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022 tentang tata cara penetapan alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi sektor pertanian.

Sebagai komoditas yang tidak mendapatkan alokasi pupuk subsidi, kondisi ini bisa berdampak pada . Padahal, nanas menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Kediri yang telah dikenal publik secara luas.

"Untuk mengatasi kelangkaan pupuk pada tanaman nanas ini, sebagaimana arahan Mas Bup (sapaan Bupati Kediri) dilakukan alternatif dengan pembuatan pupuk organik," katanya, Kamis (8/6/2023).

Instalasi pengolahan didirikan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ngancar. Lokasi itu dipilih lantaran kecamatan yang berada di lereng Gunung Kelud tersebut menjadi sentra tanaman nanas.

"Dengan adanya pengolahan ini diharapkan mampu mendorong produktivitas nanas meski tidak mendapatkan pupuk subsidi," ungkapnya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO