Antisipasi Kecelakaan Laut, Diskominfo Sumenep Pasang ‘Si Kapal’ di Perahu Nelayan

Antisipasi Kecelakaan Laut, Diskominfo Sumenep Pasang ‘Si Kapal’ di Perahu Nelayan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya saat berdialog disalah satu radio di Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Perahu nelayan di Kabupaten Sumenep nantinya akan dipasangi alat pendeteksi yang akan terkoneksi reserver Call Center 112.

Alat sejenis Black Box atau kotak hitam di pesawat terbang komersial ini, akan memudahkan dalam pencarian ketika terjadi kecelakaan laut yang menimpa nelayan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya saat ditemui BANGSAONLINE.com mengatakan, pemasangan alat pendeteksi pada perahu nelayan ini, merupakan pengembangan pelayanan kedaruratan bencana berupa program Sistem Informasi Keselamatan pelayaran ().

sendiri merupakan inovasi baru yang mengantisipasi dalam kecelakaan laut, dengan memasang alat pendeteksi pada perahu nelayan,’ ungkapnya, Kamis (6/7/2023).

Ia juga mengatakan, radar keselamatan ini akan memancarkan sinyal secara terus menerus selama 5 hari. Bahkan, alat ini nantinya akan dipasang pada perahu nelayan di semua lokasi pelayaran.

Ferdiansyah juga menyebut, pihaknya sudah memasang alat pendeteksi ini, di 20 perahu nelayan di Kepulauan Sapeken sebagai Pilot Project.

“Untuk itu kami telah telah memasang alat pendeteksi ini di 20 perahu nelayan Kepulauan Sapeken sebagai pilot project atau percontohan program pada masyarakat,” tuturnya.

Karenanya inovasi ini, lanjutnya, diharapkan bisa memberikan keselamatan dan kenyamanan para pengguna transportasi laut guna meminimalisir kecelakaan laut. (aln/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO