Bolehkah Melaksanakan Puasa Asyura Tanpa Berpuasa Tasua Sehari Sebelumnya? Simak Penjelasannya

Bolehkah Melaksanakan Puasa Asyura Tanpa Berpuasa Tasua Sehari Sebelumnya? Simak Penjelasannya Bolehkan Melaksanakan Puasa Asyura Tanpa Berpuasa Tasua Sehari Sebelumnya? Simak Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sehari sebelum puasa Asyura dilakukan, umat Islam dapat berpuasa Tasua sehari sebelumnya, yakni pada 9 Muharram. Umat Islam yang melaksanakan puasa Asyura pada berpedoman pada dalil pelaksanaan puasa yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

"Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: Sungguh Rasulullah SAW bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: melebur dosa setahun yang telah lewat" (HR. Muslim).

Ustadz Alhafiz Kurniawan dari Lembaga Bahtsul Masail PBNU menjelaskan bahwa menurut kitab "Al-umm) karya Imam Syafii, berpuasa Asyura tanpa melakukan puasa yang lain sebelumnya, tetap diperbolehkan.

Ustadz Alhafiz juga menjelaskan bagi Mazhab Syafi'i, saja tanpa diiringi puasa sehari sebelum dan sesudahnya, tidak masalah.

sudah dilakukan sejak zaman pra-Islam yang dilakukan oleh Yahudi, yakni berpuasa pada tanggal .

Sedangkan sunnah puasa sehari sebelumnya, yaitu pada 9 Muharram disebut puasa Tasua yang dianjurkan dalam agama Islam sebagai pembeda dengan Yahudi pra-Islam.

Penjelasan tersebut bukan berarti menyamakan muslim yang mengamalkan hanya puasa Asyura sama dengan kaum Yahudi. Anjuran berpuasa sehari sebelum dan sesudah Asyura bersifat penyempurnaan saja terhadap Asyura.

Adapun hadits tentang puasa Asyura dan Tasua di bulan Muharram yaitu:

"Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat Allah juga menerima taubat kaum yang lain" (HR. Tirmidzi).

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO