Mas Abu Optimis Produk IKM Kota Kediri Tembus Pasar Global

Mas Abu Optimis Produk IKM Kota Kediri Tembus Pasar Global Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat meninjau stan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali meyakini produk lokal dari wilayahnya mampu menembus pasar global. Sebab, produk-produk dari dipamerkan pada Indonesia City Expo (ICE) 2023 dalam rangka Rakernas Apeksi XVI di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan. 

Agenda tersebut merupakan pameran promosi kota se-Indonesia yang berlangsung sejak 12-15 Juli 2023. Adapun berbagai produk yang dipamerkan mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan.

Booth tahun ini menampilkan produk-produk IKM andalan, salah satunya ada tepung gluten free yang telah diekspor ke beberapa yaitu di Australia, Eropa, dan Amerika. Ada pula tenun ikat , seperti kain, sarung goyor, syal, dan produk turunannya. 

Lalu ada kerajinan dari batok kelapa, ada pula tas kombinasi kulit dan tenun yang telah dipasarkan nasional. Tak ketinggalan, produk-produk makanan khas juga dipamerkan. Sambel pecel, stik tahu, hingga aneka keripik turut mewarnai booth . Bahkan keripik tempe sudah diekspor ke Arab Saudi.

Menurut Mas Abu, mengikuti pameran ICE pada Apeksi menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memperluas pasar. Sehingga produk-produk dari semakin dikenal dan industri kerajinan yang ada pun menjadi besar.

Mengikuti pameran ini juga membantu peningkatan kemampuan dalam menampilkan produk maupun ciri khas tiap kota sehingga cukup membantu para pelaku usaha khususnya UMKM memamerkan ke kota lain di Indonesia.

"Jadi mengikuti pameran semacam ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk membuat produk-produk unggulan semakin eksis. Pasar produk UMKM pun juga semakin luas dengan pameran ini," ujarnya, Rabu (12/7/2023).

Selain mengikuti pameran, kata Abu, untuk memperluas pasar Pemkot Kediri juga mendorong UMKM untuk go digital. Pihaknya telah memberikan berbagai pelatihan pemasaran digital ini dengan harapan produk-produk dikenal lebih luas dan UMKM bisa menjadi besar. Apalagi saat ini banyak masyarakat gemar belanja online.

“Kita kerja sama dengan beberapa e-commerce untuk membantu memasarkan produk kita. Kalau sudah masuk digital, pasar mereka akan jauh lebih luas," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO