5 Makanan Khas Ponorogo yang Menggugah Selera

5 Makanan Khas Ponorogo yang Menggugah Selera Ilustrasi sate. Foto: Pixabay

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kuliner khas Ponorogo tentunya harus kamu coba saat berwisata ke wilayah yang terkenal dengan kebudayaan dan kesenian ini. Makanan khas Ponorogo terdiri dari jajanan tradisional hingga makanan besar yang nikmat dan menggoyang lidah. Selain terkenal lezat, Anda juga dapat mendapatkan berbagai hidangan tersebut dengan harga yang ramah di kantong.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 makanan khas Ponorogo yang menggugah selera.

BACA JUGA:

1. Sate Ponorogo

Sate khas Ponorogo menjadi salah satu makanan yang juga cukup populer. Sekilas, tampilan makanan khas Ponorogo ini mirip dengan sate ayam Madura. Perbedaannya terletak pada bentuk irisan dagingnya. Jika sate Madura dipotong menyerupai bentuk dadu, sate Ponorogo dibuat dengan cara menyayat tipis daging ayam seperti fillet.

Perbedaan lain juga terlihat pada cara membumbui. Sebelum dibakar, sajian khas Ponorogo ini terlebih dahulu direndam dalam bumbu khas agar lebih meresap ke daging. Proses ini juga dikenal dengan istilah dibacem. Alat pemanggang sate Ponorogo ini menggunakan tungku atau panggangan yang terbuat dari tanah liat.

2. Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo atau yang populer disebut sebagai pecel tumpuk memiliki keunikan sambal kacang yang pedas dan kental.

Berbagai macam sayuran dapat ditemui pada sajian khas Ponorogo yang satu ini. Mulai dari kecambah kedelai, mentimun, petai cina, sayuran hijau, tempe, hingga rempeyek. Beberapa penjual pecel Ponorogo ini bahkan masih membuat sambal pecelnya dengan cara tradisional. Bumbu kacang masih ditumbuk di dengan alu di dalam lumpang.

Hidangan khas Ponorogo ini dapat dengan kamu jumpai di sepanjang sudut Ponorogo dengan harga terjangkau.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO