Peringati Haul Ronggo Jumeno, Masjid Kuncen Kenalkan Seni Gembrung dan Pentjak Djawi

Peringati Haul Ronggo Jumeno, Masjid Kuncen Kenalkan Seni Gembrung dan Pentjak Djawi Kesenian Gembrung yang dimainkan oleh anggota seni Gembrung Nyawijining Roso. Foto: Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebagai penerus bangsa dan budaya lokal, warga sekitar Masjid Kuno Kuncen, Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Kota mengadakan tasyukuran dalam memperingati Haul Panembahan Ronggo Jumeno yang merupakan tokoh sejarah berdirinya .

Bertempat di pendopo Masjid Kuno Kuncen, tasyakuran dilakukan dengan tawasulan dan kirim doa diiringi seni budaya lokal yaitu kesenian Gembrung Jawa Nyawijining Roso yang digabung dengan penampilan gerak silat dari Pentjak Djawi, Minggu (23/7/2023) malam.

Walau terlihat sederhana dan terkesan jadul, namun suasana religius sangat terasa kental. Sehingga para peserta merasakan suasana tempo dulu dan keakrabannya semakin terlihat membumi.

Camat Taman, Muhammad Yusuf Ahmadi yang berkesempatan hadir sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini. Walau kesiapannya dadakan namun acara berjalan sangat lancar dan apik.

"Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, khususnya kaum muda sangat antusias dalam melestarikan budaya luhur yang kita miliki," ungkap Yusuf kepada BANGSAONLINE.com.

Ia berharap kegiatan ini bisa semakin berkembang. Sebagai camat ia mendukung adanya kegiatan ini sehingga nantinya bisa berkolaborasi juga dengan pemerintah setempat dan bisa diakomodir oleh dinas terkait.

"Saya berharap Ini bisa terus berkembang dan saya juga mendukung kegiatan ini semoga ke depannya bisa berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya Kecamatan Taman," lanjutnya.

Dengan sangat apiknya kegiatan ini ia juga berharap bisa berkelanjutan dan akan menjadi agenda rutin tahunan, terutama pada bulan Muharram. (dro/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO