Coin Emas Kota Kediri 2023 Masuki Putaran Final

Coin Emas Kota Kediri 2023 Masuki Putaran Final Putaran final Competition in English Massive atau Coin Emas 2023. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Putaran final Competition in English Massive (Coin Emas) 2023 digelar, Minggu (6/8/2023). Acara tahunan itu diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Para peserta khusus partisipan Emas dapat mengikuti seleksi tahap awal dalam mini Coin Emas yang ada di 3 kecamatan, atau seleksi umum bagi peserta di eks Karisidenan pada akhir Mei hingga awal Juni 2023 sebelum memasuki babak terakhir.

Melalui proses inilah masuk 1.183 peserta Coin Emas 2023 yang terbagi menjadi 5 jenis kompetisi, yakni video competition, spelling bee, 3G (gather & grab game), storytelling competition, dan speech competition.

"Tidak terasa kemarin seleksi tingkat kecamatan telah kita laksanakan, dan sampailah pada hari ini di babak final, yang tidak hanya diikuti oleh peserta dari Kota saja, tapi dari eks Karisedenan . Antusiasme dan semangat yang sangat luar biasa," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota , Marshudi.

Menurutnya, Emas mendapat tempat yang istimewa di hati masyarakat Kota . Bahkan, program ini lolos dalam 45 Top Pelayanan Publik seluruh Indonesia dan berkesempatan mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB atas inovasi pelayanan publik terpuji.

"Kalau memang itu babak terakhir, Alhamdulillah. Jika memang masih ada tahapan selanjutnya, kami mohon doa restu dan dukungan panjengan sekalian," ucap Marshudi.

Sesuai tema Coin Emas 2023, 'Envisioning the Future through English' dan keberhasilan Emas sebagai pendidikan non-formal, pihaknya berencana mengajak Bapak-Ibu guru bahasa inggris untuk berlatih dan berkolaborasi dengan pengelola dan tutor Emas.

"Itulah salah satu pengembangan yang sedang dilakukan Dinas Pendidikan Kota . Yang nonformal tetap jalan, tapi kita berikan pelayanan bagi pendidikan formal juga. Rencana ini akan kita mulai dari jenjang SD sebagai pengembangan, dengan harapan akan lebih banyak masyarakat yang bisa mendapatkan pelayanan dari Pemkot melalui Emas," paparnya.

Marshudi pun beterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung jalannya Coin Emas, baik itu Bank Indonesia, Bank Jatim, Grab, McD, Biznet, dan seluruh panitia Coin Emas. Terakhir, ia juga berpesan pada para peserta Coin Emas untuk berjuang dengan kemampuan terbaik.

"Selamat berjuang, selamat berlomba, tampilkan yang terbaik. Jika menang syukuri, jika kalah atau belum juara jangan putus asa, tetap semangat karena kemampuan bahasa tidak hanya untuk diperlombakan tapi digunakan sebagai kebiasaan untuk belajar secara teksbook atau bicara keseharian," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO