Sikapi Dugaan Bisnis Atribut dan Pungli di SMA, Gabungan LSM di Kediri Gelar Demo

Sikapi Dugaan Bisnis Atribut dan Pungli di SMA, Gabungan LSM di Kediri Gelar Demo Aksi teatrikal para pendemo yang digelar di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan orang dari gabungan 4 LSM menggelar demo di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah , Jalan Jaksa Agung Suprapto, seberang Taman Sekartaji, Selasa (8/8/2023).

Mereka menuntut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah dicopot dari jabatannya, karena membiarkan terjadinya pungli dan pembelian seragam di sekolah.

Massa aksi juga membentangkan spanduk dan banner yang bertuliskan kecaman terhadap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah dan berorasi secara bergantian.

Selain itu, puluhan orang juga mengadakan aksi teatrikal dengan membawa keranda mayat. Mereka ada yang berperan sebagai tokoh seperti Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah , Komite Sekolah, dan murid SMA.

Usai berorasi dan berteatrikal, akhirnya perwakilan mereka diminta masuk ke kantor untuk beraudiensi dengan Pejabat Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah .

Korlap aksi, Andik Hariyanto, menyatakan pihaknya menuntut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah untuk dicopot dari jabatannya, karena telah membiarkan maraknya kegiatan pembelian seragam.

Hal itu terjadi di hampir seluruh sekolah SMA/ SMK di berkedok pungutan yang memberatkan wali murid.

"Kami juga menuntut untuk revisi total regulasi pendidikan yang terkait penerimaan siswa baru, demi kemajuan mutu pendidikan nasional yang bener-bener bersih dan berkeadilan merata," katanya.

Sementara, Ramli, Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah , belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi.

Usai berdemo di depan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah , para pendemo melanjutkan aksinya ke Kantor Kejaksaan Negeri Kota . Intinya, mereka mendesak Kejari Kota merespons cepat dengan turun tangan melakukan investigasi kepada para pihak yang terkait atas dugaan tindakan berbisnis atribut di lingkungan sekolah dan pungutan-pungutan. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO