Panen Raya Blewah di Merakurak Mendapatkan Dukungan dari Bupati Tuban

Panen Raya Blewah di Merakurak Mendapatkan Dukungan dari Bupati Tuban Bupati Lindra bersama Kepala Cabang Tuban PT RKM, L. Heru Imam Furi saat panen raya buah blewah di Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Para petani di Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, menggelar panen raya buah blewah di area persawahan desa setempat, Minggu (20/8/2023).

Dalam panen raya tersebut, petani mendapatkan dukungan dari pemdes setempat, pemkab dan distributor pupuk Rojo Koyok Manunggal (RKM).

Panen buah blewah di Desa Sembungrejo ini, termasuk sukses. Pasalnya, dibandingkan tahun kemarin petani yang menanam blewah lebih banyak.

Total luasan lahan persawahan yang ditanam tahun ini sebanyak 15 hektar. Sedangkan, pada tahun sebelumnya hanya 8 hektar.

Selain itu, dalam setiap panen setahun sekali, untuk luasan per hektar mampu mendapatkan keuntungan hingga Rp40 juta. Sedangkan, untuk biaya perawatan hingga pemupukan, ditaksir sekitar Rp800 ribu hingga, Rp1.2 juta per hektar.

Artinya, dengan biaya tersebut, maka hasil panen akan mendapatkan keuntungan hingga mencapai Rp35 juta hingga Rp38 juta per hektar.

Keberhasilan para petani di Kecamatan Merakurak itu, ternyata mendapatkan respon baik dari Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky.

Bahkan, ia datang langsung memberikan support penuh kepada petani blewah dan pemdes setempat serta mengajak panen raya. Disela-sela panen, bupati muda itu meminta agar petani lain di Kabupaten Tuban dapat mencontoh.

"Ini adalah bentuk kreativitas petani yang ada di desa ini, sehingga diharapkan ini dapat ditiru dan ditingkatkan di wilayah lain," terang Bupati Lindra ditengah-tengah petani saat diwawancarai wartawan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO